Ayo! Ajari Anak Matematika dengan 4 Cara Menyenangkan Ini

17 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Banyak hal yang membuat pelajaran matematika tidak disukai para siswa termasuk anak-anak. Matematika sering ditakuti bagi kebanyakan siswa. Jika dari kecil sudah tak suka berhitung bisa jadi sampai besar anak akan menganggap matematika itu menakutkan.Sebagian anak kecil tidak suka berhitung karena tidak dibiasakan sejak dini. Terkadang orangtua pun malas mengajari mereka matematika karena memusingkan.

Selain bahasa, matematika juga penting yang bisa menunjang karier kedepannya. Untuk itu, coba ajari anak belajar berhitung mulai dari sekarang. Cari cara menyenangkan agar anak suka mempelajarinya. Bagaimana caranya? Simak uraiannya di sini.

1. Kenali Anak dengan Angka

Mungkin Anda merupakan orangtua yang tidak menguasai matematika tapi hindari menunjukkan itu di depan anak. Coba kenali mereka dengan angka dan mulailah berhitung dengan metode penambahan serta pengurangan. Ajari anak secara perlahan dan berusaha menjadi teman mereka saat berhitung.

2. Campurkan Matematika Dalam Kegiatan Sehari-hari

Cara menyenangkan lain untuk mengajari anak matematika dengan mencampurkannya ke dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saja, ketika Anda membawakannya beberapa coklat dan es krim. Coba minta anak menghitung jumlahnya bila digabungkan atau dikurangi.

3. Gunakan Jari Tangan dan Kaki

Cara terbaik untuk memulai pelajaran matematika dengan berhitung menggunakan jari tangan dan kaki. Ajak dia bermain dengan jari-jarinya dan mulai berhitung satu sampai sepuluh. Setelah anak sudah mulai mengerti, beralih ke benda lain yang bisa dihitung, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau mainan si kecil.

4. Buat Permainan

Setelah buah hati Anda bisa berhitung, buatlah permainan angka. Ini juga berguna untuk mengajarinya penambahan dan pengurangan sebelum meningkat menjadi perkalian atau pembagian. Sebagai contoh, buat lingkaran di atas kertas dengan warna yang berbeda-beda sesuai usia mereka. Kemudian tulis jawaban dengan meletakkan angka di dalam lingkaran warna-warni. Minta anak menjawab soal matematika dengan memilih warna yang sudah berisi jawabannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengajari anak berhitung dengan bermain block atau lego. Kenalkan anak dengan berbagai bentuk balok tersebut kemudian beritahukan bagian mana yang disebut volume. Begitu pula ketika membuatkannya cake atau pizza berukuran besar. Coba biarkan mereka berhitung.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)