Awas, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berada di Depan Anak

24 September 2019 Artikel Pendidikan


Merasa kesal pada anak-anak adalah hal yang lumrah selama orang tua tidak berlebihan. Namun ada kalanya orang tua kehilangan kontrol sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak pantas. Meskipun tampak normal, sikap semacam ini seharusnya dihindari.

Tidak peduli seberapa sibuk seorang ayah atau ibu, adalah tidak tepat untuk melakukan hal-hal yang akan menghasilkan sikap buruk pada anak-anak mereka. Terutama dalam tahap-tahap awal di mana anak-anak sedang dalam pengembangan karakter, yang kelak akan menjadi bagian tidak terpisahkan dengan kepribadian mereka. Seorang anak akan lebih mudah untuk meniru apapun yang dilihatnya. Itulah sebabnya Anda sebagai orangtua berkewajiban untuk menghindari contoh buruk di depan anak. Yang mana beberapa contoh buruk yang biasa terjadi adalah sebagai berikut:

Berbicara kotor di depan anak

Berbicara kotor merupakan suatu hal yang kerap sekali terjadi tidak hanya di lingkungan rumah, namun di lingkungan sekolah pun juga sering kali terjadi ketika anak sedang bermain dengan teman sebayanya. Itulah sebabnya, guna meminimalisir hal tersebut, maka Anda harus pintar untuk tidak berbicara kotor di depan anak. Sehingga anak akan meniru Anda untuk tidak berbicara kotor.

Mengkritik anak secara langsung

Hal ini merupakan salah satu contoh buruk di depan anak. Karena anak itu sangat sensitif terhadap perkataan apapun. Sehingga, jika ia mendengar suatu kritikan yang mampu membuatnya kecewa dan tersakiti, biasanya mereka akan menjadi lebih menyendiri. Itulah sebabnya hindari untuk mengutarakan kekecewaan atau kemarahan terhadap anak dengan mengkritik secara langsung tanpa mempertimbangkan respon mereka.

Berbicara topik panas di depan anak

Hindari berbicara dengan topik panas ketika sedang di depan anak. Topik ini bisa berupa hal hal yang belum wajar untuk dicerna oleh anak, diantaranya adalah masalah finansial intern keluarga atau krisis keluarga. Karena jika anak sampai mendengarnya, anak-anak dapat secara magnetis tertarik dengan perdebatan dan emosional Anda, sehingga psikologis anak bisa saja menjadi terganggu. Itulah sebabnya jika ada satu hal buruk yang menimpa keluarga, sebaiknya sembunyikan dari anak Anda.

Suka mengeluh

Orang dewasa sering kali suka mengeluh atas beberapa hal yang terjadi dalam hidupnya di depan seorang anak, entah itu dikarenakan ada masalah seperti pekerjaan dan pasangan. Padahal, hal tersebut sebenarnya justru merupakan suatu contoh yang buruk bagi anak. Karena, ketika anak mendengarnya, hal tersebut dapat diimitasi saat bersosial di sekolah bahkan kelak kemudian hari dalam pekerjaannya.

Nah, itulah beberapa contoh buruk di depan anak yang patut dihindari. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)