Atasi Perilaku Anak yang Suka Menggigit

15 September 2019 Artikel Pendidikan


Si kecil suka sekali menggigit, wah apakah hal itu berbahaya bagi perkembangan si kecil? Banyak mengira bahwa batita yang mulai suka kegiatan menggigit ini disebabkan oleh gigi yang ingin tumbuh pada si kecil. Namun, hal tersebut tidak selalu menjadi penyebabnya.

Penulis buku What To Expect The Toddler Years, Arlene Eisenberg mengungkapkan bahwa ada banyak penyebab anak berubah menjadi penggigit. Seperti frustasi karena tak bisa mengendalikan lingkungan sesuai kehendaknya, mengeksplorasi lingkungannya secara sensori, menunjukkan rasa sayang, meniru tindakan orang di sekelilingnya, ungkapan rasa bosan, lelah, lapar, terlalu banyak mendapat stimulasi secara sensori, gusinya gatal akibat proses tumbuh gigi, atau mencari perhatian.

Sebaiknya cegah hal ini menjadi kebiasaan si kecil. Karena perilaku menggigit ini tentunya merepotkan bukan?

Makanan Untuk Dikunyah

Sediakan makanan untuk dikunyah. Anak bisa menggigit karena lapar. Selalu siapkan makanan kecil untuk ia namun hindari makanan manis karena gula bisa meningkatkan agresifitas.

Cegah Sebelum Menjadi Kebiasaan

Segera pisahkan anak yang menggigit dan korbannya, sebelum Anda mendisiplinkan si penggigit. Tak perlu menunjukkan reaksi berlebihan seperti berteriak atau menceramahinya. Bilang saja dengan tegas bahwa Anda tak bisa menerima tingkahnya yang menyakiti orang lain.

Tidak Memarahinya

Ketika si kecil menggigit, jangan memarahi, menyalahkan, membalas atau menyuruh orang yang digigit untuk membalas menggigit anak. Jika itu yang kita lakukan bisa merusak harga diri dan menanamkan rasa dendam pada anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)