Asuransi Pendidikan untuk Anak, Perlukah?

23 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Asuransi pendidikan anak merupakan salah satu jenis asuransi yang dapat membantu kita dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Asuransi pendidikan sangat diperlukan untuk anak sejak usia dini. Dapat dilihat dari namanya, asuransi pendidikan bertujuan untuk memberikan perlindungan atau proteksi terhadap pendidikan anak. Meskipun bertujuan untuk memberi proteksi terhadap pendidikan anak, pemilik asuransi tetaplah orang tua. Orang tua harus bisa memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anaknya.

Seperti halnya asuransi lainnya, jenis asuransi ini juga mewajibkan pemilik asuransi untuk membayar sejumlah uang tertentu dan dengan waktu tertentu yang telah dipilih dan disepakati. Di samping premi yang menjadi kewajiban pemilik asuransi, tentunya hak-hak yang menguntungkan para pemilik asuransi pendidikan ini juga dapat diperoleh. Hal inilah yang membuat para orang tua perlu memiliki asuransi pendidikan bagi putra putrinya.

Beberapa keuntungan memiliki asuransi pendidikan sedini mungkin ialah:
1. Menjamin pendidikan Anak Sejak Jenjang Paling Dasar

Pendidikan dimulai sejak dini, sehingga sejak dini pula kita perlu memikirkan dana yang harus dikeluarkan nantinya. Perencanaan sedini mungkin membantu kita merencanakan pendidikan anak sedini mungkin pula sehingga pendidikan anak akan terjamin sejak dini.

2. Dana Pendidikan yang Diberikan
Ketika anak beralih ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalnya SD, SMP maupun SMA, maka orang tua atau pemilik asuransi akan mendapatkan dana pendidikan tersebut. Dengan kata lain, saat tahun ajaran baru dan putra putri kita beranjak ke jenjang pendidikan lebih tinggi, tidak perlu terlalu pusing memikirkan besarnya dana yang dibutuhkan.

3. Dana Pendidikan tetap Diberikan Meski Pemilik sudah Tiada
Saat pemilik dana pendidikan atau umumnya adalah orangtua anak meninggal, dana pendidikan dari asuransi tersebut tetap diberikan tanpa perlu membayar premi asuransi. Orang tua tidak perlu lagi mengkhawatirkan masa depan pendidikan putra putrinya apabila suatu hal buruk terjadi. Karena adanya dana asuransi pendidikan yang mampu memenuhi biaya pendidikan mereka meskipun orang tua sudah tidak ada. Dengan mempersiapkannya sejak dini, akan berguna pula bagi kita dalam merencanakan keuangan rumah tangga .

4. Biaya premi yang dibebankan akan lebih terjangkau
Biaya pendidikan memang tidaklah murah. selain itu, biaya tersebut akan meningkat dari tahun ke tahun. Dengan penghitungan yang tepat dan dengan direncanakan sedemikian dini akan menjadi lebih ringan. Premi yang perlu dibayarkan kepada pihak asuransi pun akan lebih ringan dibandingkan jika kita mengikuti program asuransi ketika anak kita sudah tumbuh besar.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak usia dini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)