Arti dan Makna Tahun Baru Hijriah

14 Oktober 2015 Artikel Pendidikan


Tahun baru Islam Hijriah memberikan arti dan makna tersendiri bagi umat Islam. Tahun baru Hijriah ditentukan dari Kalender Hijriah, yakni kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya.Banyak dari umat Islami belum memahami dan mengenal Tahun Hijriah secara pasti. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai arti dan makna tahun baru Islam hijriah, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu tahun baru Islam Hijriah.

Tahun baru Islam adalah pergantian tahun dalam Islam menggunakan bulan.Tahun baru Islam dihitung sejak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah menuju Madinah sehingga penanggalan dalam Islam dinamakan Hijriah. Kalender Hijriyah terdiri dari 12 bulan dan total harinya 354 atau 355 hari, lebih pendek dibandungkan kalender Masehi. Tahun baru Islam dimulai dari 1 Muharram.

Tahun baru Islam memiliki arti tersendiri bagi umat muslim dan merayakannya dengan berbagai aktivitas Islami dan hal-hal yang bernilai positif. Bagi orang Jawa, tahun baru Islam bersamaan dengan malam satu Suro disambut dengan berbagai perayaan tirakat, begadang sampai pagi, dzikir, dan hal-hal yang dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Adapun makna yang terkandung dari hari Hijrahnya Nabi dan para sahabat dari Mekah ke Madinah ini, yakni

  • Menjadi tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana dan situasi yang tidak kondusif di Mekah menuju suasana yang prospektif di Madinah.
  • Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa opimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan hijrah daru hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi.
  • Hijrah mengandung semangat persaudaraan, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW pada saat beliau mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar, bahkan beliau telah membina hubungan baik dengan beberapa kelompok Yahudi yang hidup di Madinah dan sekitarnya pada waktu itu.


Selamat tahun baru Hijriah! Semoga tahun baru ini menjadi lebih baik dari tahun yang sebelumnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)