Apakah Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) Itu?

12 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Setelah artikel yang sebelumnya membahas tentang apa itu KIP dan tata cara penggunaan hingga pengaduan program pemerintah tersebut, kali ini kesekolah.com akan membahas apa itu Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan bagaimana tata cara serta kemana harus melakukan pengaduan terhadap penyelenggaraan program pemerintah tersebut.

Apa itu BSM?

Program BSM merupakan Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran program sekolah.

Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan merupakan beasiswa. Dalam hal ini, dikatakan bukan beasiswa karena jika beasiswa terdapat pertimbangan prestasi siswanya.

Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi dengan besaran sebagai berikut:

  1. BSM SD & MI sebesar Rp 225.000 per semester atau Rp 450.000 per tahun.
  2. BSM SMP/MTs sebesar Rp 375.000 per semester atau Rp 750.000 per tahun.
  3. BSM SMA/SMK/MA sebesar Rp 500.000 per semester atau Rp 1.000.000 per tahun.


Di jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa juga diadakan bagi anak kurang mampu dengan nama Bantuan Belajar Mahasiswa Miskin ber-IPK 2,5 dan Bidik Misi.

Bidik misi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang berpotensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Beberapa Jalur dari Program BSM

Program BSM dilaksanakan oleh 2 Kementerian yang berbeda, yaitu:

  • BSM bagi sekolah reguler yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  • BSM bagi siswa yang bersekolah di Madrasah yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).


Sumber dana semua bantuan ini adalah dari APBN. Alokasinya tertuang dalam DIPA di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta DIPA Kementerian Agama.


Siapa yang Berhak Menerima BSM?

  • Penerima dana BSM yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah siswa miskin dan rentan pada SD - SMA/K negeri maupun swasta yang telah memenuhi kriteria sesuai pedoman/petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Penerima dana Beasiswa Bakat dan Prestasi adalah siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik/non-akademik pada SD, SMP, SMA atau SMK yang telah memenuhi kriteria sesuai pedoman/petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Penerima Program BSM yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) adalah siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta di seluruh provinsi di Indonesia yang berasal dari keluarga kurang mampu/miskin yang dihitung berdasarkan proporsi populasi murid di masing-masing kabupaten/kota.


Digunakan Untuk Apa Sajakah Dana BSM?

Dana BSM dapat dimanfaatkan untuk:

  1. Pembelian perlengkapan siswa (misalnya buku pelajaran, alat tulis, sepatu dan tas)
  2. Biaya transportasi siswa ke sekolah/madrasah
  3. Uang saku siswa untuk sekolah


Pembatalan pemberian BSM

Dana BSM dapat dibatalkan jika siswa penerima BSM:

  1. Berhenti sekolah
  2. Menerima beasiswa dari instansi/sumber lain
  3. Telah didakwa dan terbukti melakukan tindakan criminal
  4. Mengundurkan diri
  5. Tidak lagi masuk dalam kriteria siswa miskin


Kepala Sekolah/Madrasah bertanggung jawab dan berwenang untuk membatalkan BSM serta memilih siswa penggantinya.Nama siswa pengganti tersebut harus segera dikirimkan kepada lembaga penyalur melalui SK Pengganti.

Seperti KIP, Anda juga bisa melaporkan segala sesuatu bentuk kecurangan, pengaduan, kritik dan saran mengenai penyelenggaraan program BSM pada website Kemdikbud di http://pengaduanpip.kemdikbud.go.id/index.php

Anda bisa membuat pengaduan online di halaman berikut http://pengaduanpip.kemdikbud.go.id/buatPengaduan.php

BSM#Prov#Kab/Kota#Kec#NamaSekolah#IsiPesan

Ke: 08569 1616 099

Perlu diketahui, sebelum bertanya atau membuat pengaduan, ada baiknya Anda mengetahui lebih jelas mengenai KIP pada kolom Tanya Jawab di http://pengaduanpip.kemdikbud.go.id/faq.php

Pada kolom pengaduan, Anda bisa menanyakan hal yang kurang jelas misalnya mekanisme mendapatkan KIP, kapan akan disalurkan, permasalahan KIP yang bermasalah dan lain sebagainya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari pengaduanpip.kemdikbud.go.id)