Apakah Anda Seorang Ambivert?

5 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Dua kepribaian ini bertolak belakang satu dengan lainnya. Introvert dikenal dengan kepribadian yang tertutup dan lebih senang dengan kesendirian. Kebalikan dari ekstrovert yang mempunyai kepribadian terbuka dan senang bergaul dengan orang-orang. Nah, apakah Anda mengenal kepribadian Ambivert?

Tidaklah mudah menggolongkan seseorang secara langsung masuk ke dalam kategori introvert atau ekstrovert. Kebanyakan orang memiliki kepribadian yang terdiri dari ekstrovert dan introvert. Bisa dibilang bahwa tipe ambivert adalah tipe yang berada di tengah dan campuran antara ekstrovert dan introvert.

Orang dengan kepribadian ambivert bisa tampil sebagai seorang introvert dalam beberapa situasi tertentu tetapi ia bisa tampil sebagai seorang ekstrovert di situasi-situasi lainnya.

Pada dasarnya setiap kepribadian memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk seorang ambivert, salah satu keunggulan atau keuntungan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh orang dengan kepribadian lain adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan Ia dapat menjadi pribadi yang menyenangkan yang dapat diterima di segala situasi dengan baik.

Namun jika berbicara soal sisi negative Ambivert, mereka memiliki sifat yang sensitive dan mudah mengikuti mood serta ia juga masih bisa menarik diri dari keramaian hanya untuk bersantai dengan dirinya sendiri.

Biasanya tipe ini yang menjadi penghubung antara tipe ekstrovert dan introvert. Dalam hal profesi, karakter ambivert lebih cocok sebagai seorang psikolog. Suka bersosialisasi, tetapi juga sendirian dibeberapa waktu, mengambil keputusan bergantung pada "bagaimana seseorang merasa" atau konteks situasi, biasanya memiliki sekelompok kecil teman, fleksibel berubah-ubah, kemampuan untuk menghargai, santai adalah beberapa ciri dari seorang yang ambivert.

Jadi yang manakah tipe kepribadian Anda?

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)