Apakah Anak Sudah Boleh Main Facebook?

20 Januari 2010 Artikel Pendidikan


Apakah si kecil sudah mulai merengek meminta dibuatkan account facebook? Mungkin ada banyak alasan mengapa ia memintanya, entah karena teman-temannya sudah memiliki account, entah supaya bisa bertukar pekerjaan rumah, atau untuk memajang foto-foto keluarga.
Apa pun alasannya, sebaiknya Anda bijak memutuskan apakah anak memang sudah cukup usia dan tanggung jawab untuk mendapatkan account tersebut. Mellisa (bukan nama sebenarnya), mengaku terkejut saat mengetahui anaknya yang berusia 7 tahun memiliki teman berusia 13 tahun. Darimana ia mengenalnya? Facebook, tentunya.

Seperti kita tahu, syarat utama memiliki facebook adalah berusia minimal 13 tahun. Mellisa terkejut, ketika mengetahui anaknya berteman dengan beberapa anak usia kelas 1 SMP. Hal ini diketahuinya dari ibu si anak yang berteman dengannya. Apakah ini berbahaya? Kita tidak akan pernah tahu apakah ada orang dewasa yang berusaha mendekati anak melalui account facebook-nya.

Menurut Linda Criddle, penulis buku Look Both Ways: Help Protect Your Family on the Internet, dan pendiri LookBothWay, inc., orangtua harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh layanan situs tersebut jika ingin membuatkan account untuk anak mereka.

''Jika Anda tetap melanggar, maka Anda akan mengajarkan pada mereka, bahwa sah-sah saja melanggar ketetapan atau aturan dari situs itu,'' tutur Criddle.

Orangtua seharusnya lebih bijak dengan memberikan alasan sesuai dengan peraturan yang dicantumkan pada facebook. Kalaupun nanti anak sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan account facebook atau situs jejaring lain, ada hal-hal yang harus tetap diingatkan pada mereka, yakni soal keamanan hal-hal yang pribadi. Jangan biarkan anak-anak mencantumkan tanggal ulang tahun, alamat, alamat email, bahkan nomor telepon, pada account mereka. Kemudian, batasi jumlah teman yang boleh melihat informasi account-nya.

Hal yang lebih buruk adalah jika anak-anak (tanpa sepengetahuan Anda) mengunduh sejumlah aplikasi yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau seks dan kekerasan. ''Anak-anak usia sekolah menengah belum mengerti tentang hal itu dan segala konsekuensinya,'' paparnya.

Agar semua hal ini terhindar, akan lebih baik jika Anda meminta anak untuk membuka facebook hanya saat ia bersama Anda.

C2-10/Editor: din

Sumber: Shine (kompas.com)