Apa yang Orang Asing Pikirkan Ketika Mendengar "Indonesia"

2 Januari 2016 Artikel Pendidikan


Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. Lebih dari 250 juta jumlah warga Indonesia membuat negara kita tercinta ini menjadi negara dengan warga muslim terbanyak di dunia.

Bagi orang-orang yang tidak pernah mengunjungi Indonesia, negara kita identik dengan Islam, pendek, Bali, dan orang-orang keturunan tionghoa yang hidup berkecukupan.

Pernah tidak terlintas dalam benak Anda pertanyaan berikut ini, Apa yang orang asing pikirkan ketika mereka mendengar kata Indonesia. Berikut ini beberapa pendapat mereka ketika mendengar kata Indonesia yang dihimpun oleh National Stereotype. Jangan tersinggung, ya.

1. Jam karet

Kebiasaan sebagian besar orang Indonesia yang suka terlambat dan menunda-nunda waktu ternyata menjadi poin yang paling pertama diingat oleh warga Negara lain.

Jikalau orang dari negara lain janjian dengan orang Jepang, mereka harus datang setengah jam sebelum waktu yang disepakti, karena orang Jepang sangat disiplin dalam hal waktu. Sementara kalau janjian dengan orang Indonesia umumnya mereka datang setengah jam kemudian.

2. Pemalas

Orang asing cenderung menganggap bangsa kita hanya orang yang hidup untuk saat ini, bukan untuk hari esok. Orang Indonesia dianggap kurang punya ambisi dan kegigihan.

3. Melanggar Peraturan

Satu hal yang diidentikkan dengan orang Indonesia adalah peraturan dibuat untuk dilanggar. Contohnya ketika di persimpangan jalan lampu kuning merupakan tanda untuk menginjak pedal gas sekencang-kencangnya. Kita juga sering membuang sampah sembarangan.

4. Basa-basi

Orang asing sering menyebut kita sebagai bangsa yang munafik. Karena sering mengatakan sesuatu yang tidak sungguh-sungguh dimaksudkan.

5. Lamban

Orang Indonesia lamban dalam menjalankan segala sesuatu. Jika kita bandingkan dengan Jepang, Korea, Hong Kong produktivitas kita masih tertinggal jauh dibandingkan mereka.

6. Cinta keluarga.

Daritadi yang kita bahas negatifnya terus ya, tenang aja. Orang Indonesia juga dikenal cinta keluarga. Kalau di luar negeri mereka menitipkan orang tua di panti jompo merupakan hal lumrah, tapi di sini anak merasa bangga jika bisa merawat orang tua meskipun sudah berkeluarga.

7. Religius

Bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi agama. Bangsa-bangsa lain menyebut Indonesia sebagai bangsa yang paling religius. Kerukunan antar umat beragama di Indonesia juga terjaga dengan harmonis. Maka sangat jarang terdengar isu-isu SARA di Indonesia.

8. Ramah

Orang Indonesia sangat murah senyum dan ramah kepada setiap orang.

9. Toleran

Kurang disiplin mungkin salah satu sikap dari orang Indonesia yang negatif. Tetapi kita juga dikenal sangat toleran. Kita dikenal ringan tangan dan suka mendahulukan kepentingan orang lain.

10. Sopan

Orang Indonesia jika kedatangan orang atau turis asing akan amat senang melayani mereka dengan sopan.

Semoga setelah membaca ini Anda dapat bangga menjadi Warga Negara Indonesia dan Introspeksi diri.

Oleh: Muhamad Erzal
(Dikutip dari berbagai sumber)