Apa Saja Tugas Seorang Kepala Sekolah?

5 November 2014 Artikel Pendidikan


Mungkin Anda sempat berpikir, di suatu instansi pendidikan baik itu swasta ataupun negeri pasti ada yang namanya Kepala Sekolah. Kalau seorang guru kita semua tahu bahwa tugasnya ialah melakukan proses kegiatan belajar mengajar kepada murid-murid sekolahnya. Tapi bagaimana dengan tugas seorang kepala sekolah? Apa beliau mengajar juga? Apakah tugasnya hanya menandatangani surat-surat resmi sekolah yang Anda baca pada pojok bawah kertas? Apakah beliau yang punya sekolah/instansi tersebut?

Tidak hanya itu!

Apa saja sih tugas dan fungsi Kepala Sekolah ?

Kepala Sekolah Sebagai Edukator

Yaitu Kepala Sekolah yang bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif sama halnya seperti guru. Namun tidak terlalu banyak jam mengajarnya mengingat tugas kepala sekolah tidak hanya itu.

Kepala Sekolah Sebagai Manajer

Salah satu tugas kepala sekolah tentu saja tentang mengatur segala kegiatan di sekolah. Beliau lah yang berperan dalam hal ini. Seperti halnya menyusun perencanaan, mengorganisasi dan koordinasi kegiatan, mengadakan rapat dan evalusasi, proses belajar mengajar hingga mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi yang bersangkutan

Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Yaitu Kepala Sekolah yang bertugas menyelenggarakan administrasi: Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasiaan, pengawasan, kurikulum, kesiswaan, ketatausahaan, ketenagaan, kantor, keuangan, perpustakaan, laboratorium, ruang keterampilan/ kesenian, bimbingan konseling, unit kesehatan siswa, OSIS, dll.

Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin / Leader

Hal ini sudah pasti yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Jiwa kepemimpinan merupakan nilai tambah dan menunjukan kualitas seorang kepala sekolah. Tentunya yang dapat dipercaya, jujur serta bertanggung jawab terkait masalah sekolah. Memahami kondisi guru, karyawan serta siswa dan memahami visi serta misi sekolah secara utuh.

Sudah tahu bagaimana sibuknya seorang Kepala Sekolah? Beliau juga pastinya merupakan orang yang terpilih dan tidak sembarang orang. Memiliki jiwa pemimpin yang hebat sekaligus menjadi ayah bagi murid-murid. Mampu memanajemen, dan menciptakan hubungan kerja harmonis sesama guru dan karyawan di sekolah maupun lingkungan sekitar.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)