Apa Saja Sih Persyaratan Masuk Sekolah Dasar? Yuk Simak Info Berikut Ini

14 Oktober 2016 Artikel Pendidikan


Tahun ajaran baru merupakan ajang para orangtua untuk memasukan anak-anaknya ke berbagai sekolah. Dalam hal tersebut, setiap tahunnya pasti sekolah akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Penerimaan siswa baru tahun 2016 terutama jenjang Sekolah Dasar (SD) sedikit berbeda. Seperti yang Anda ketahui, penerimaan siswa baru untuk masuk jenjang SD dilakukan secara offline yang berarti dilakukan secara langsung di sekolah. Orang tua datang ke sekolah tujuan dengan membawa beberapa berkas persyaratan yang dibutuhkan sekolah. Ada pula sistem secara online yakni dengan menggunakan metode PPDB Online (keterangan lebih lanjut buka di sini)

Semenjak dipimpin Mendikbud sebelumnya yakni Anies Baswedan, mulai tahun 2016, Kemendikbud mewajibkan siswa untuk mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) yakni TK dan kelompok bermain, sebelum masuk SD. Hal ini karena pembelajaran setahun sebelum SD diwajibkan oleh Badan urusan pendidikan di PBB; UNESCO.

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus diperkuat dari masa taman kanak-kanak sebelum mereka masuk SD. Seperti penanaman karakter jujur, mandiri, gotong royong, dan sejenisnya.

Sesuai instruksi dari Kemendikbud, PPDB tingkat SD ini sudah tidak ada lagi yang namanya tes calistung (membaca, menulis dan berhitung). Hal tersebut karena pelajaran calistung seharusnya baru dapat diberikan saat anak sudah duduk di kelas satu dan seterusnya.

Persyaratan Usia

Berdasarkan Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan (Mohammad Nuh) dan Menteri Agama (Suryadharma Ali) nomor 04/VI/PB/2011 dan nomor MA/111/2011.

Persyaratan usia / umur calon peserta didik baru kelas 1 (satu) pada SD/MI:
  • Telah berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib diterima;
  • paling rendah berusia 6 (enam) tahun; dan
  • yang berusia kurang dari 6 (enam) tahun, dapat dipertimbangkan atas rekomendasi tertulis dari psikolog professional.

Persyaratan usia / umur calon peserta didik baru kelas 1 (satu) pada SDLB yaitu anak yang berusia paling rendah 6 (enam) tahun.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)