Apa Saja Kriteria Mainan Edukatif untuk Anak?

19 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Banyak sekali ragam mainan anak untuk anak. Namun tidak semua mainan dapat diberikan untuk anak karena bisa jadi mainan tersebut membahayakan anak atau tidak memberikan manfaat sama sekali. Mainan yang baik adalah yang mengandung unsur edukatif dan berguna bagi anak. Tidak harus selalu identik dengan kesenangan.

Mainan yang sifatnya edukatif bisa membantu anak tumbuh dan berkembang lebih cepat. Apalagi kalau usia anak masih di bawah usia 5 tahun,masa balita ini merupakan masa emas untuk membentuk anak terutama untuk membentuk segala aspek perkembangannya. Mulai dari motorik kasar dan halusnya, perkembangan kognitifnya, perkembangan sosialnya dan perkembangan-perkembangan lainnya.

Berikut kriteria mainan yang tergolong mainan edukatif:

1. Mainan tersebut bisa mengembangkan konsep dasar

Konsep dasar anak meliputi kemampuan anak untuk mengenal bentuk, warna, besar kecil dan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya. Banyak aneka mainan yang tersedia untuk melatih konsep dasar anak.

2. Mainan tersebut melatih daya kreatifitas

Pilihlah mainan yang bisa melatih daya kreatifitas anak.Bisa dengan mainan yang bisa dibentuk dengan aneka model. Seperti mainan balok-balokan. Mainan ini bisa dijadikan aneka bentuk mulai dari rumah-rumahan ataupun bentuk lainnya yang disenangi oleh anak. Dengan kebiasaan membuat bentuk baru ini maka si anak akan terlatih untuk membentuk karya baru. Sehingga ketika dewasa bisa menjadi anak yang inovatif.

3. Mainan tersebut memang untuk anak usia dini

Rancangan mainan tersebut memang tergolong untuk anak-anak balita. Jadi tidak ada bagian yang terlalu sulit ataupun berbahaya bagi anak. Misalnya mainan tersebut tidak banyak terdapat bagian yang tajam, tidak terlalu rumit, tidak menjadi bagian yang sangat kecil sehingga bisa tertelan oleh anak.

4. Mainan tersebut bisa melatih anak memecahkan masalah

Mainan yang bisa dibagi menjadi bagian-bagian terpisah kemudian bisa dirangkai kembali akan sangat membantu anak untuk memecahkan masalah. Dengan menjadikan satu bagian-bagian yang terpisah tersebut akan melatih otaknya untuk berpikir lebih cerdas dan kreatif lagi.

5. Mainan tersebut melatih ketelitian dan ketekunan anak

Mainan yag mendidik adalah mainan yang bisa melatih ketekunan dan ketelitian anak.Hal yang akan terlatih adalah daya fokus anak.Karena ada beberapa anak yang tidak memiliki daya konsentrasi yang baik sehingga anak tersebut tidak memiliki ketelitian dan ketekunan yang baik.

Jika anak memaksa minta mainan yang disenanginya tidak harus kita belikan. Berikan penjelasan kepada anak agar anak mau memilih mainan yang edukatif. Mengabulkan segala kemauan anak bukanlah cara yang tepat untuk mendidik anak agar menjadi anak yang edukatif. Pilihlah mainan yang memang sesuai dengan usianya dan bernilai edukatif untuk anak.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)