Apa Itu Bantuan Siswa Miskin?

2 November 2015 Artikel Pendidikan


Banyak sekali upaya pemerintah untuk menarik anak - anak tidak mampu secara ekonomi untuk bersekolah, dari keringanan biaya hingga pembiayaan penuh. Salah satu bentuk bantuan yang banyak kita tahu adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Program BOS ditujukan untuk meringankan biaya operasional sekolah siswa.

Walaupun sudah diringankan, masih banyak para orang tua yang belum mampu menyekolahkan anaknya, terkait biaya keperluan sekolah lainnya seperti seragam, tas, buku pelajaran, yang tidak ditanggung dari dana BOS. Dari situlah yang melatarbelakangi pemerintah membentuk program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program BSM bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin untuk bersekolah dengan membantu siswa memperoleh akses pendidikan yang layak. Dengan program ini, diharapkan anak dari keluarga miskin dapat terus sekolah hingga tingkat menengah atas. Karena biaya operasional sekolah sudah ditanggung BOS, dana BSM dimanfaatkan untuk pembelian perlengkapan , biaya transportasi, dan uang saku siswa.

Program ini bersifat bantuan langsung kepada siswa. Walaupun mirip dengan beasiswa, namun BSM berbeda dengan beasiswa. Sebab BSM ditentukan berdasarkan kondisi ekonomi siswa, sedangkan beasiswa berdasarkan prestasi siswa.

Adapun kriteria dasar penentu penerima BSM, seperti:

  1. Siswa adalah siswa SD, SMP, SMA, DAN SMK
  2. Orangtua siswa penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS)
  3. Siswa penerima Kartu Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin
  4. Orangtua siswa peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  5. Siswa terancam putus sekolah karena kesulitan biaya
  6. Siswa yatim, piatu atau yatim piatu
  7. Siswa yang berasal dari panti asuhan
  8. Siswa berasal dari korban musibah, korban bencana, korban PKH dari Rumah Tangga Sangat Miskin dan siswa dari program keahlian pertanian (SMK)


Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)