Anak Sering Menutup Diri? Ini Tips Mengatasinya

22 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Orangtua pasti menginginkan agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang aktif, ceria, berani bicara, dan terbuka pada orangtuanya. Namun kenyataannya, semakin anak tumbuh besar, mereka justru semakin tertutup dan menjauh dari orangtua. Komunikasi antara orangtua dan anak menjadi terhambat, karena anak sering menutup diri dan enggan untuk menceritakan apa yang dialaminya sehari-hari.

Padahal komunikasi ini sangat berguna untuk membantu anak berbagi cerita dan pengalaman, serta mengatasi masalah yang mereka hadapi dalam hidup. Kecerdasan dan perkembangan anak tentu ditentukan dari cara mereka berkomunikasi. Bila anak termasuk tertutup terlebih pada orangtua, tentu ini menjadi masalah. Saat anak enggan menceritakan apa yang dialaminya sehari-hari pada orangtua, tentu ini menyulitkan orangtua untuk lebih memberi pengarahan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar anak mau berkomunikasi dan lebih terbuka. Hal pertama ialah tentunya jangan memaksa mereka. Posisikan diri sebagai teman, ajak mereka berbicara dengan nyaman sehingga mereka tidak merasa tertekan.

Hindari pula memberi kritik pada anak. Anak tentu tidak pernah menyukai kritik yang dilontarkan terlebih dari orangtua. Mungkin kata-kata berupa kritik memang tanpa disadari terucap saat menghakimi atau menyalahkan anak. Namun ingatlah kata-kata motivasi yang dibutuhkan anak.

Menjadi pendengar yang baik juga penting agar mereka terpancing untuk lebih terbuka. Dengarkan apa yang ingin mereka bicarakan, buatlah suasana tenang dan sepi. Anda bisa mengajak anak berbicara saat mereka tengah beraktivitas seperti di sela-sela bermain atau menonton. Dengan begitu ia lebih nyaman ltu6mengungkapkan pendapatnya.

Mengajukan beberapa pertanyaan spesifik juga bisa dilakukan untuk memulai pembicaraan dengan anak. Seperti menanyakan bagaimana tadi di sekolah,bagaimana pelajarannya atau bermain apa ketika istirahat. Dengan memberi anak pertanyaan, mereka tanpa diduga akan mulai bercerita.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan agar anak lebih terbuka terhadap Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)