Anak Rewel dan Tidak Mau Bersekolah? Atasi dengan Ini

19 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Perilaku anak dapat membuat orang tua menjadi khawatir, terutama jika mereka tidak mau bersekolah. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa dari dalam diri mereka sendiri maupun dari luar. Biasanya hal ini sudah dimulai dari pagi ketika anak bangun, kemudian sulit disuruh sarapan dan mandi. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi Anda sebagai orang tua. Jika hal ini berlangsung setiap hari pasti akan membuat Anda jengkel bukan? Menyiapkan buah hati Anda masuk sekolah biasanya susah-susah gampang. Ulah balita hingga anak usia awal SD menghadapi hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar. Memaksa anak untuk tetap bersekolah tidak selalu membuatnya menurut. Seringkali hal ini membuat orang tua menjadi kebingungan.

Berikut hal yang harus diketahui orang tua untuk mengatasi perilaku anak:
1. Biarkan Tidur Lebih Awal

Cobalah agar anak Anda tidur lebih awal dari jam tidur normal biasanya. Matikan televisi lebih awal dan minta mereka untuk membaca buku sehingga lebih bersantai. Menanamkan kebiasaan yang baik sedari kecil akan mempermudah Anda dimasa depan.

2. Pastikan Anak Tidur Yang Cukup
Kebanyakan anak yang suka ngambek atau rewel seringkali tidak mendapatkan tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, anak-anak bayi dan balita biasanya membutuhkan jam tidur selama 12 jam. Anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun membutuhkan jam tidur 10 hingga 11 jam. Jadi, jika perlu Anda dapat mengubah rutinitas tidur si kecil dengan tepat.

3. Dengarkan Keluh Kesah Anak
Dekati anak dan dengarkan keluh kesahnya. Dengan begitu anak merasa tidak dipojokkan. Anda dapat bertanya dengan lembut dengan anak, apa alasan dirinya tidak mau masuk kesekolah. Jika Anda sudah tahu alasannya. Dengan begitu bisa dicari solusinya bersama-sama. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara yang santai, saat ia sedang bermain atau menonton televisi.

4. Libatkan Guru di Sekolah
Jika semua cara yang dilakukan untuk membujuk anak agar mau bersekolah tidak berhasil, maka Anda dapat menghubungi wali kelas anak disekolah. Anda dapat membicarakan masalah ini dengan guru tersebut. Jika alasan anak tidak mau bersekolah adalah karena teman-temannya atau ia sulit menerima pelajaran, maka akan dengan mudah dicari solusinya.

5. Berikan Motivasi
Memberikan motivasi bagi anak untuk bersekolah dapat membuat tekadnya semakin kuat dan lebih percaya diri. Perhatian orang tua kepada anak pun harus lebih ditingkatkan. Anda pun dapat mendorong anak untuk dapat beristirahat dengan lebih baik dan jangan lupa untuk menjaga asupan gizinya. Janganlah mudah untuk memarahi anak, lakukan pendekatan dengan lembut sehingga perilaku anak akan dengan mudah terkontrol.

Jadi, agar anak tidak terlalu rewel saat mendapati lingkungan sekolahnya, maka disarankan ada baiknya untuk memilih sekolah yang dekat dari rumah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)