Anak Kecanduan Game? Ini Cara Mengatasinya

6 September 2019 Artikel Pendidikan


Orang tua adalah penanggung jawab bagi setiap anaknya, orang tua wajib mencukupi kebutuhan anaknya baik secara materi maupun psikologis. Orang tua diberikan amanat oleh Tuhan melalui anak, sehingga sebagai orang tua haruslah menjalankan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya. Walaupun demikian, pasti setiap orang tua mengalami masalah dan kendala dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya, baik masalah yang datang dari dalam maupun masalah akibat pergaulan di luar, khususnya kemajuan teknologi saat ini.

Kemajuan teknologi telah menghasilkan aneka macam perangkat game yang disukai anak, mulai dari game konsol, game konsol portabel, game tab dan ada juga game online. Game pun sesungguhnya memiliki dampak positif, yaitu melatih koordinasi antara tangan dan mata serta meningkatkan ketrampilan computing anak. Game juga membuat anak duduk tenang selama berjam-jam. Namun, bagaimana jika kecanduan game menjangkiti anak Anda?

Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan game pada anak agar Anda:
1. Beritahu dampaknya kepada anak

Anak-anak memang suka bermain. Namun, sebagai orangtua Anda harus bisa membatasinya. Jika si anak tidak mau dibatasi, maka Anda bisa berbicara baik-baik padanya. Katakan dampak buruk jika sering bermain game pada anak. Dengan begitu, si anak akan mengerti dan bisa mengurangi waktunya untuk bermain game.

2. Alihkan perhatiannya
Coba libatkan anak Anda dalam kegiatan olah raga atau kegiatan di luar sekolah yang pernah ia sukai sebelumnya. Semakin sering Anda mengajak anak melakukan berbagai aktikvitas dan bersosialisasi , semakin ia mengetahui bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan selain bermain game.

3. Tetapkan jadwal bermain
Anda juga bisa mengatasi kecanduan game pada anak dengan membatasi jam bermain mereka. Katakan padanya berapa jam yang dimilikinya untuk bermain. Katakan pada anak bahwa Anda akan mengurangi waktu bermain game di hari berikutnya jika ia bermain melebihi batas waktu.Mungkin Anda akan menghadapi penolakan dan anak mengamuk ketika Anda menerapkan peraturan baru ini. Tetaplah tenang dan jangan sekali-kali berteriak atau merenggut paksa game konsol dari tangannya, karena hal itu akan membuat situasi makin memburuk.

4. Kunci dan amankan game dari jangkauan anak
Jika anak terus menunjukkan pemberontakannya dan nampak tidak punya kesadaran untuk melakukan apa yang telah Anda putuskan demi kebaikannya, maka Anda dapat mengambil langkah terakhir.Amankan atau sembunyikan perangkat game dari jangkauan anak hingga batas waktu yang menurut Anda tepat. Atau bisa juga Anda mengamankan perangkat game mereka pada hari-hari sekolah dan hanya mengeluarkannya pada akhir pekan atau hari libur.

Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak ketika mereka bermain. Dan jangan gunakan game sebagai pengalih perhatian anak agar mereka tidak mengganggu Anda bekerja atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Menyembuhkan anak dari kecanduan game mungkin akan menyita banyak waktu dan perhatian Anda. Namun dengan keyakinan dan cinta kasih pasti upaya Anda akan berhasil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)