Anak Kecanduan Game? Atasi dengan Cara Berikut Ini

6 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Seiring dengan popularitas komputer dan internet di rumah, usia anak-anak yang berhubungan langsung dengan komputer semakin dini, banyak orang tua takut anak-anaknya terperosok ke dalam game hingga tidak mampu melepaskan diri dari kecanduan game. Kata kata 'game', bukan hal yang asing lagi untuk didengar. Untuk kalangan remaja, dewasa dan terutama untuk kalangan anak-anak. Anak-anak sekarang banyak menghabiskan waktu melihat layar, baik itu televisi, komputer atau video game.

Semua yang dilakukan dapat mengganggu kesehatan fisik mereka, jadi sangat penting untuk ‘mencabut’ mereka dari sofa dan mengajak mereka ke luar. Namun, anak-anak mungkin membutuhkan sedikit rangsangan atau godaan agar mau pergi keluar daripaada terus bermain game. Berikut ini 5 cara yang bisa Anda coba untuk mengajak anak-anak pergi keluar untuk melakukan hal lain yang lebih kreatif.

1. Mengajak pergi dengan hewan peliharaan

Ajak jalan-jalan dengan hewan peliharaan seperti anjing. Jika anak terlalu kecil bisa hanya mengajak keliling sekitar rumah. Tapi jika anak Anda lebih besar lagi, ajak jalan-jalan dengan hewan peliharaan mengitari blok daerah Anda.

2. Bermain dengan Air

Ketika panas, tidak ada yang lebih baik daripada bermain dengan percikan air. Anda bisa mengajak anak Anda untuk membersihkan mobil bersama-sama, meskipun mereka hanya akan merepotkan Anda dalam membersihkan mobil. Anda juga bisa mengajak anak untuk menyirami rumput dihalaman.

3. Berburu Harta Karun

Anak-anak sangat menyukai berburu harta karun, buatlah perburuan sendiri. Anda tidak perlu menyembunyikan sesuatu kemudian Anda cari, Anda bisa menggunakan apa yang sudah disediakan alam. Buatlah daftar perburuan seperti pohon cemara, bulu burung, daun-daunan, bunga yang telah jatuh dan tongkat kecil. Untuk menambahkan kegembiraan, Anda bisa menggunakan GPS untuk menjelajahi area.

4. Bermain dengan Tanah

Hampir semua anak suka bermain dengan tanah, kenapa tidak dimanfaatkan hal ini. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menanam bunga atau sayuran, menyirami dan memberi pupuk. Ini cara yang bagus agar anak sering keluar dari ruangan video game. Ketika tiba waktunya panen, mereka akan melihat hasil dari kerja mereka, ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

5. Mencari Permainan Dihalaman

Ajak anak untuk pergi keluar rumah, mungkin ke halaman. Anda bisa juga mengajak tetangga dan berikan bersama-sama bermain seperti sepak bola, bisbol atau apapun yang mereka suka. Ini akan membuat anak melupakan video game setidaknya satu jam, bisa saja lebih. Berikan medali bagi yang menang.

Bermain game secara berlebihan telah lama dikaitkan dengan berbagai macam resiko seperti, bullying, obesitas dan performa akademis yang buruk, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu aktivitas diatas dapat membantu orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan bermain game. Semoga Bermanfaat

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)