Anak Autis Juga Bisa Berprestasi! Berikut Tipsnya

2 September 2017 Artikel Pendidikan


Pada dasarnya, autis merupakan gangguan perkembangan yang dialami seseorang di masa anak-anak dimana si anak tidak mampu melakukan interaksi sosial dengan baik dan seolah hidup di dunianya sendiri. Berbeda dengan kebanyakan anak normal lainnya, mereka memiliki kemampuan terbatas dalam berbahasa dan berkomunikasi. Mereka juga mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan temannya.

Dalam hal ini apakah anak autis juga bisa berprestasi? Apa yang dapat orangtua lakukan untuk dapat mendukung dan mendidiknya?

Tentu saja dan bukan hal yang mustahil menjadikan anak autis sebagai anak yang memiliki prestasi. Meski dibutuhkan kesabaran ekstra dalam mengasuh dan membesarkan anak penderita autis, namun, orang tua tak perlu berkecil hati karena anak autis pun bisa berprestasi.

Apa saja tipsnya? Berikut adalah beberapa hal yang bisa orangtua lakukan untuk meningkatkan prestasi anak autis:

Perhatikan lingkungan sekitar

Memiliki lingkungan yang ideal bagi si anak autis merupakan hal terpenting dalam mengingkatkan kepercayaan diri anak dalam meraih sebuah kemampuannya. Dalam hal ini peran orangtua merupakan yang terpenting. Pengawasan, perhatian yang lebih intens merupakan kunci menangani anak autis. Jangan lupa pula tanamkan sejak dini dalam hal keagamaan dan keyakinan.

Jalani terapi untuk mendukung perkembangan

Terapi merupakan hal yang dapat orangtua lakukan di rumah dalam mendukung prestasi si kecil. Dalam hal sederhana, berilah contoh melakukan sesuatu secara efektif dan terorganisir, ajak aktivitas di luar, membacakan buku-buku dan lain sebagainya.

Pilih sekolah yang tepat

Tidak hanya anak normal, anak autis juga memerlukan pendidikan. Namun, dalam hal ini pendidikan anak autis tidak sama dengan biasanya. Di sini orangtua harus bijak dalam memilihkan sekolah yang sesuai untuknya. Biasanya anak autis mempunyai IQ dan EQ yang tidak seimbang sehingga mereka membutuhkan dukungan dalam pendidikannya. Jadi, selain memilih sekolah dengan kualitas baik, orangtua juga harus memilih sekolah dengan lingkungan yang mendukung aktivitas belajar si anak.

Dukung bakat yang dimilikinya

Dukungan merupakan hal yang sangat penting bagi anak autis. Jika ia senang menggambar, fasilitasi ia dan tumbuhkan kepercayaan diri mereka dengan membelikan peralatan menggambar. Tidak lupa untuk dampingi serta beri pengawasan pada si anak.

Kasih sayang dan perhatian

Hal wajib yang harus diberikan kepada setiap anak pastinya adalah kasih sayang. Terlebih untuk anak berkebutuhan khusus, memberikan rasa sayang dapat menumbuhkan semangat si anak dalam meraih impiannya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)