Anak Aktif Saat Larut Malam? Cegah dengan Cara Ini...

27 Oktober 2017 Artikel Pendidikan


Tidak jarang kita menemukan anak-anak lebih suka aktif di malam hari sehingga terpaksa anda harus begadang untuk menjaga si Anak. Padahal anak-anak seusianya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa yakni 12 jam. Jika hal ini dibiarkan, selain membuat pertumbuhan anak terhambat, ini tentunya akan mengganggu pola tidur Anda.

Sebaiknya cegahlah hal ini dengan menemukan solusi yang tepat. Sebenarnya anak sering tidur larut malam bukanlah sepenuhnya kesalahan anak tapi, kesalahan orangtua. Ada satu hal yang terlupakan oleh orangtua yaitu konsistensi pada jam tidur anak. Inilah yang akan membuat anak jadi susah tidur di malam hari.

Lalu bagaimanakah cara kita sebagai orangtua mengatasi hal ini? Berikut cara yang perlu anda pertimbangkan untuk kenyamanan anak tidur di malam hari.

1. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
Anak akan mudah tertidur jika dia sudah merasa nyaman dengan tempat tidurnya. Jadi, bersihkan dan bereskanlah tempat tidurnya sebelum Anda menyuruhnya untuk tidur. Siapkan selimut yang lembut dan kasur yang empuk agar anak merasa nyaman.

2. Biarkan anak aktif di siang hari
Membiarkan anak aktif bermain saat pagi hari baik di rumah atau di luar rumah bersama teman-temannya akan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari. Ini dikarenakan saat malam tiba, anak sudah merasa lelah setelah seharian beraktivitas dan siap untuk beristirahat di malam hari. Jadi, biarkan anak Anda bermain dengan gembira agar kualitas tidurnya tidak terganggu.

3. Hindari anak tidur saat petang
Jika belum waktunya tidur, jangan biarkan anak Anda tertidur. Karena bisa saja di tengah malam nanti dia terbangun dan tidak bisa tidur lagi. Lebih baik ajak dia main agar anak tidak cepat mengantuk sebelum waktu tidur tiba. Dengan begitu jadwal tidurnya bisa berjalan lebih baik dan Anda tidak perlu begadang lagi.

4. Jadwal jam tidur
Orangtua sebaiknya konsisten soal jam tidur. Jika Anda ingin anak tidurnya tidak larut malam, jangan biarkan mereka tidur siang terlalu lama. Jadwalkan jam tidur siang dari pukul 12 siang sampai maksimal selama 2 jam dan untuk malam hari anak harus tidur antara jam 7-9 malam.

5. Pastikan perut anak sudah kenyang.
Jadwalkan makan malam dan porsi makanan yang pas untuk anak Anda. Jika perut si kecil sudah kenyang dia pasti akan lebih mudah tertidur. Anak juga akan tertidur pulas dan nyenyak karena dia sudah merasa kenyang.

Perlu diketahui, pola tidur yang baik akan membuat tumbuh kembang sang anak menjadi baik. Karena proses pertumbuhan anak terjadi pada malam hari, jadi jangan biarkan anak Anda membuang waktu tidur malamnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)