Ajak Anak Cintai Budaya Indonesia dengan Cara Berikut Ini!

19 September 2015 Artikel Pendidikan


Bila harus menyebutkan apa saja kebudayaan Indonesia, sangat banyak rasanya untuk disebutkan satu-persatu. Dari sabang sampai merauke, Indonesia memiliki ratusan kebudayaan yang berbeda-beda. Namun, seiring dengan modernisasi yang terjadi belakangan ini, miris rasanya melihat kebudayaan Indonesia yang kian hari terasa semakin terkikis.

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki ciri khas tradisi dan budaya asli setempat. Tradisi dan budaya tersebut bisa meliputi seni musik, tarian, permainan, olahraga, kuliner dan lain sebagainya. Mengingat tanggung jawab kita sebagai bangsa Indonesia, yaitu melestarikan kebudayaan sendiri, maka akan sangat pentinglah jika kita mengenal lebih jauh kebudayaan yang ada di Indonesia.

Tidak pernah ada kata terlambat dalam mencintai budaya daerah kita. Terutama menanamkan nilai budaya pada anak-anak sejak dini. Ada beberapa cara yang Anda bisa lakukan agar anak-anak Anda mau mencintai budaya asli tradisionalnya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Beberapa cara tersebut di antaranya:

Menggunakan bahasa daerah di rumah

Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Gunakan bahasa daerah dari mana Anda berasal ketika berada di rumah dengan cara demikian kelestarian masing-masing bahasa daerah akan tetap terjaga.

Rekreasi budaya keluarga

Alih-alih pergi ke mall atau tempat-tempat hiburan untuk anak-anak, jika tersedia di daerah Anda, Anda dapat sesekali membuat ide mengajak mereka untuk mengunjungi pusat-pusat kesenian daerah setempat, seperti: pusat kesenian membatik, pusat kesenian musik tradisional, museum budaya, dan lain sebagainya.

Mengikuti les keterampilan

Kegiatan ektrakulikuler baik yang diadakan oleh pihak sekolah atau secara pribadi dapat memotivasi anak-anak untuk mempelajari kesenian-kesenian daerah. Mengikutsertakan putra atau putri Anda ke dalam sanggar-sanggar kesenian adalah salah satu cara memperkenalkan sekaligus untuk mempelajari keterampilan-keterampilan kesenian daerah, tidak hanya dari daerah asal Anda tetapi juga kesenian dari daerah lain.

Menjadi teladan

Orang tua harus pertama-tama mencintai budaya asli leluhurnya atau budaya daerah setempat di mana Anda tinggal. Ketika anak melihat teladan dari orang tuanya bahwa mereka sangat menghargai dan mencintai budayanya maka kemungkinan besar anak akan meniru dengan senang hati.

Hal yang perlu kita tanamkan adalah zaman boleh berubah, generasi boleh berganti, namun kelestarian budaya tradisional adalah tanggung jawab kita bersama untuk melestarikannya. Agar nilai-nilai luhur sebuah budaya asli daerah patut dipertahankan, sehingga dunia ini akan semakin indah dan beragam.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)