Agar Tidak Terjadi Penyesalan Hidup, Hindari 6 Hal Ini Saat di Usia 20an

29 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Usia 20-an adalah masa krusial bagi kehidupan seseorang. Di umur tersebut banyak keputusan penting datang, banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Usia 20-an memberikan banyak kejutan yang selama ini Anda sangka tidak akan pernah datang.

Menurut sebuah survey yang diadakan di sebuah jejaring sosial Reddit, setidaknya ada 6 hal yang orang sesali karena tidak dilakukan di usia 20an meskipun sebenarnya usia tersebut terbilang masih muda. Lalu apa sajakah penyesalan-penyesalan itu? Berikut ulasannya.

1. Tidak segera menabung

Menabung memang memiliki beragam manfaat. Selagi muda, biasakan untuk menabung demi menunjang masa depan. Semakin cepat kamu memulai menabung, semakin banyak pula hal yang bisa Anda lakukan dengan uang hasil tabunganmu itu, seperti membeli rumah, mobil, investasi atau memulai usaha, dan lain sebagainya.

2. Menjalin hubungan yang buruk

Anda memang akan mempunyai banyak teman di usia 20an. Oleh karena itu, pastikan waktu yang dihabiskan itu bersama orang yang tepat. Hubungan yang buruk, baik asmara maupun persahabatan, akan menurunkan kepercayaan diri Anda. Jadi, jangan sampai dirimu terpuruk gara-gara hubungan yang tidak jelas.

3. Meremehkan kesehatan tubuh

Metabolisme tubuh di usia 20an memang berada di level tertinggi sehingga terkadang membuat Anda kurang peduli untuk menjaga kesehatan. Padahal menjaga kebugaran dan pola makan yang seimbang sangat diperlukan. Bahkan, kebiasaan hidup sehat di masa muda akan bermanfaat ketika kelak Anda sudah berusia senja. Metabolisme tubuh yang baik juga akan membuat Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit. Oleh karenanya, selagi masih muda, mari biasakan untuk olahraga secara teratur dan menerapkan pola makan yang seimbang agar tubuh tetap fit dan bebas dari penyakit.

4. Membuang-buang waktu dengan orang yang tidak penting

Di usia muda, terkadang Anda terlena melakukan hal-hal yang tidak penting bersama teman-teman Anda. Oleh sebab itu, pastikan bahwa waktu yang dihabiskan bersama teman-teman merupakan kegiatan yang positif.

5. Tidak mau mengambil resiko

Banyak orang akhirnya merasakan penyesalan teramat dalam karena di usia muda mereka takut atau tidak berani mengambil resiko. Padahal ketakutan-ketakutan yang tidak berasalan itu akan menghambat keberhasilan kamu. Selain itu, dengan berani menerima tantangan baru, kamu akan merasakan sensasi pengalaman yang tak tergantikan.

6. Terlalu cepat dewasa

Menjadi dewasa itu memang perlu, tapi jangan terlalu cepat. Biarkan dirimu tumbuh dewasa sejalan dengan usiamu. Cobalah untuk menikmati setiap detik masa-masa remajamu. Jadilah dirimu sendiri dan raihlah kesuksesan dengan caramu sendiri.

Manfaatkan sebaik mungkin usia 20 Tahunan Anda, karena apapun keputusan yang Anda ambil hari ini, akan berdampak jauh ke masa depan Anda, Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)