Agar Perkembangan Otak Anak Tanpa Hambatan

1 April 2017 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Perkembangan otak anak di usia dini akan menentukan masa depan anak. Karena usia dini adalah usia di mana otak anak berkembang dengan cepat. Dibutuhkan stimulus yang baik agar perkembangan otak anak tidak mengalami hambatan. Malalui artikel ini, saya, Kak Zepe, akan memaparkan tentang kiat-kiat agar perkembangan otak anak bisa berlangsung tanpa hambatan.

Pentingnya keseimbangan gizi

Kita mengenal berbagai macam kandungan gizi yang ada di dalam makanan, misalnya protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Zat-zat tersebut secara lengkap ada di dalam lima jenis makanan dan minuman yang kita kenal hingga saat ini, yaitu makanan empat sehat lima sempurna. Berikan makanan empat sehat lima sempurna kepada sang buah hati, agar anak memiliki sistem kekebalan yang baik dan tidak mudah terserang penyakit, sehingga anak-anak pun akan semakin semangat dalam belajar.

Lingkungan yang memadai

Anak-anak akan semakin cepat bertumbuh bila berada di lingkunga yang tepat. Pastikan bahwa Anda bisa menjadi orang tua yang baik bagi mereka. Orang tua yang bisa mengayomi, memperhatikan, membimbing, dan mendidik anak. Hindarilah tindakan atau ucapan yang menjurus pada kekeran, misalnya membentak, memukul, dan terlalu menekan anak. Anak-anak adalah pribadi yang masih memiliki tingkat sensitif yang tinggi. Anak-anak mudah mengalami trauma yang bisa membutuhkan jangka waktu yang lama untuk memulihkannya.

Kasih sayang orang tua

Kasih sayang orang tua adalah hal yang terpenting. Kasih sayang tidak hanya diwujudkan dengan mencukupkan segala kebutuhan mereka. Waktu bagi anak-anak adalah hal yang terpenting. Dan yang tak kalah penting lagi adalah kualitas kebersamaan dengan anak. Banyak orang tua meluangkan waktu untuk anak-anaknya namun kurang memperhatikan kualitas dari saat-saat kebersamaan itu. Banyak orang tua malah sibuk memainkan HP atau mengurusi pekerjaan saat meluangkan waktu bersama anak. Sempatkanlah bermain bersama anak, sehingga anak-anak akan merasakan sentuhan anda, saat mengecup kening anak, saat memegang jemari anak, dan saat menepuk pundak anak. Dengarkanlah segala cerita dan keluhan anak meski Anda merasa itu bukanlah hal yang penting. Karena dengan mendenagrkan mereka dengan ketulusan, Anda telah mengajarkan kepada anak akan arti sebuah perhatian dan kepedulian.

Pengaruh kenyamanan dan kebahagiaan

Melalui artikel ini, saya, Kak Zepe berpesan bahwa apabila Anda bisa memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup, maka keceriaan akan selalu ada di dalam hati mereka. Dengan keceriaan yang mereka rasakan serta ketiadaan beban di dalam hati mereka, maka anak akan semakin mampu berkembang secara maksimal, baik secara fisik, kepribadian, serta kecerdasan (otak) mereka. Jadilah orang tua yang baik bagi buah hati Anda dengan memberikan waktu melalui kebersamaan yang berkualitas. Karena saat-saat itu tidak bisa dibeli dengan apa pun, namun buahnya akan bisa dirasakan kelak saat mereka tumbuh dewasa.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)