Agar Anak Selalu Bersemangat, Lakukan Cara Ini!

30 November 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Kemalasan adalah sikap yang tidak boleh dibiarkan tumbuh di dalam diri anak. Sikap ini bisa membunun cita-cita dan harapan anak. Orang tua perlu melakukan trik-trik khusus. Berikut ini adalah tips dari Kak Zepe, agar anak bisa selalu semangat dan cerita dalam menjalani hari-harinya.

1. Mengajak anak berolahraga

Olah raga tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Olah raga juga bisa melenturkan otot-otot, sehingga anak akan terlihat bersemangat dan suka bergerak. Tentu saja hal ini juga akan memacu semangatnya untuk belajar dan melakukan aktivitas lainnya.

2. Memberikan penghargaan bila mencapai target tertentu

Ada kalanya anak lemah terhadap suatu materi pelajaran tertentu. Misalnya anak lemah pada pelajaran Matematika atau berhitung. Karena mendapatkan nilai yang kurang baik, anak menjadi mudah putus asa dan bisa-bisa malah tidak suka pada mata pelajaran tersebut. Anda bisa memberikan suatu penghargaan berupa hadiah kalau dia bisa mendapatkan nilai raport yang baik pada pelajaran tersebut. Hal ini akan mampu meningkatkan semangat anak untuk tekun belajar dan berusaha mencapai suatu target.

3. Menceritakan kisah tentang orang-orang sukses

Banyak sekali buku cerita yang bisa kita dapatkan di toko-toko buku dengan tema orang-orang sukses. Orang tua perlu membacakan cerita-cerita orang sukses, agar anak-anak bisa belajar dari orang-orang sukses yang terdapat di dalam buku. Anak juga bisa belajar dari semangat dan pengalaman hidup orang-orang sukses tersebut, agar bisa menjadi pelajaran bagi anak dalam mencapai cita-cita mereka.

4. Mendengarkan lagu anak yang ceria dan semangat

Memperdengarkan anak-anak lagu anak yang ceria dan bersemangat sangat baik untuk membangkitkan semangat anak. Akan lebih baik lagi bila lagu yang didengarkan bertema pendidikan karakter tentang semangat meraih cita, semangat dalam belajar, dan tema-tema semangat lainnya. Ajarkan pula gerakan-gerakan saat anak mulai bisa menyanyikan lagu yang ia dengarkan, anak-anak pasti akan semakin semangat.

5. Makan makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi akan mempengaruhi kondisi tubuh. Gizi yang baik pada makanan yang disantap anak akan mempengaruhi kesegaran dan semangat anak. Jadi berikan anak-anak manakan bergizi, yaitu yang mengandung kabohidrat, protein, zat besi, mineral, dan berbagai macam vitamin.

6. Mengajarkan semboyan yang bisa membangkitkan semangat

Ada banyak semoyan yang kita kenal dan biasa diberikan kepada anak-anak, misalnya "Kamu pasti bisa", "Kamu anak yang hebat", "Kamu harus berani mencoba", dan semboyan-semboyan lainnya. Semboyan ini akan sangat berguna saat memberikan semangat kepada anak saat mengalami kegagalan.

7. Belajar hal yang baru

Agar anak bisa belajar hal-hal yang baru, ada banyak hal yang bisa dilakukan orang tua. Yaitu mengajak anak ke tempat wisata yang baru, membelikan anak mainan edukatif yang baru, membelikan anak buku-buku yang baru. Dan bila Anda terbiasa beraktivitas bersama anak, akan lebih baik bila Anda mengajarkan aktivitas-aktivitas yang baru.

Keberadaan orang tua dalam memotivasi anak agar selalu bersemangat sangatlah penting. Anak-anak juga akan meniru semangat dari orang tuanya. Jadi bila anak mulai terlihat kurang semangat, yang perlu dilkukan orang tua adalah mawas diri. Siapa tahu anak menjadi terlihat kurang semangat karena Anda sendiri yang memang kurang semangat, sehingga tidak bisa menjadi teladan penyemangat.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)