Ada 4 Manfaat Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

20 April 2017 Artikel Pendidikan


Menjadi siswa berprestasi merupakan keinginan semua siswa di sekolah. Siapa sih yang tidak mau jadi siswa berprestasi? Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh siswa yang berprestasi . Prestasi merupakan ungkapan yang ditunjukkan kepada seseorang yang mampu mengasah kelebihannya dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif dan berusaha untuk meminimalisir kekurangannya.

Diharapkan siswa berprestasi di segala bidang, baik bidang akademik maupun non akademik. Tapi tentu harus lebih bekerja keras lagi. Jika tidak bisa menguasai semua bidang atau mata pelajaran, tidak masalah. Sekurang-kurangnya, siswa dapat menguasai satu atau dua mata pelajaran, tapi jangan sampai melupakan pelajaran lainnya.

Nah, berikut 4 manfaat menjadi siswa berprestasi di sekolah, diantaranya:
1. Masa depan yang bagus
Dengan menjadi siswa berprestasi, peluang untuk memiliki masa depan yang bagus itu sangat besar. Ini disebabkan oleh adanya kemampuan untuk mengasah kelebihan sehingga menimbulkan daya kreativitas yang tinggi. Orang yang kreatif berpotensi menciptakan lapangan kerja sendiri atau mendapatkan lapangan kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

2. Membanggakan keluarga
Jika Anda berprestasi, tentunya keluarga pasti bangga, khususnya kedua orangtua. Tujuan orangtua untuk menyekolahkan Anda adalah agar kehidupan Anda lebih baik daripada orangtua. Kedua orangtua mungkin tidak butuh imbalan apa pun dari anak-anaknya, mereka hanya ingin melihat anaknya sukses. Dengan berprestasi, Anda pasti akan membuat orangtua merasa bangga dan senang.

3. Mengharumkan nama sekolah
Jika ada lomba atau event antar sekolah, baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, bahkan internasional, yang dipilih tentunya siswa yang berprestasi di bidang yang diperlombakan tersebut. Seandainya Anda menang, tentunya akan mengharumkan nama sekolah ataupun daerah.

4. Menimbulkan motivasi pada diri orang lain
Bila Anda berprestasi, tentunya orang lain kagum dan berminat untuk mencapai prestasi seperti Anda. Orang lain akan termotivasi untuk meraih prestasi. Meskipun begitu, pasti ada orang yang iri dengan Anda.

Selain dari manfaat yang ada di atas, masih banyak manfaat-manfaat lainnya. Jadi, mari kita berbagai dikolom komentar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)