7 Tips Hebat bagi Seorang Guru dalam Mengajar

4 Februari 2017 Artikel Pendidikan


Guru merupakan pahlawan tanpa jasa dan pembangun karakter bangsa. Begitulah peran seorang guru. Seorang guru yang hebat, tentu perlu melakukan hal yang hebat pula bagi peserta didiknya. Seorang guru harus mengajar dengan hati yang ikhlas agar ilmu yang di berikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkesan bagi peserta didik.

Berikut 7 tips agar Anda menjadi guru yang hebat dalam mengajar:
1. Memperhatikan kemampuan setiap peserta didik
Sebagai seorang guru, perlu mengetahui kemampuan awal peserta didik agar dapat menentukan strategi yang akan digunakan dalam mengajar. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga seorang guru tidak bisa menyamaratakan pada setiap pembelajaran berlangsung, itulah mengapa sebagai seorang guru perlu mengetahui kemampuan setiap peserta didik.

2. Gunakan papan tulis yang tepat
Dalam mengajar, tentu sebuah papan tulis tidak terlepas di dalamnya. Sebagai seorang guru, perlu memperhatikan penggunaan papan tulis yang tepat. Meskipun papan tulis merupakan media yang baik digunakan untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi penggunaan papan tulis yang terlalu sering juga dapat mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik dan peserta didik akan cenderung lebih bosan dalam belajar.

3. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Alangkah baiknya jika seorang guru telah merencanakan untuk pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didiknya. Sesuatu hal yang terencana tentulah lebih baik. Rencana pelaksanaan pembelajaran akan memudahkan guru dalam mengajar dan proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur.

4. Menyediakan media pembelajaran yang menarik
Media pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan semangat dan motivasi anak dalam belajar. Tidak perlu setiap hari Anda menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, karena setelah menjadi seorang guru di sekolah, tentulah masih banyak kewajiban yang perlu Anda kerjakan. Cukup jangan terlalu menjadikan pembelajaran yang monoton dan membosankan, sehingga mungkin setiap satu minggu sekali Anda bisa menyiapkan sebuah media pembelajaran sederhana yang menarik bagi anak.

5. Membaca buku dan referensi lain
Wawasan yang luas sangat diperlukan bagi seorang guru, jika Anda ingin menjadi guru yang hebat, tentulah perlu kerja keras, bukan hanya seorang peserta didik saja yang harus membaca, tetapi seorang gurupun harus terus membaca agar dapat memperluas wawasannya. Untuk mendapatkan informasi mengenai media yang menarik bagi anak bukankah Anda perlu membaca dan mencari tahu?

6. Bersahabat dengan semua siswa
Guru yang hebat bukan hanya menjadi seseorang yang di hormati oleh peserta didiknya, tetapi juga mampu bersahabat dengan peserta didiknya, sehingga peserta didik dapat terbuka dan berani bercerita kepada gurunya sendiri, karena guru merupakan orangtua kedua di sekolah.

7. Melakukan evaluasi
Setiap proses pembelajaran perlu dievaluasi, itu merupakan tugas seorang guru agar mengetahui sudah sampai mana kemampuan seorang peserta didik. Dalam melakukan evaluasi maka guru perlu membuat indikator apa saja yang perlu dicapai oleh peserta didik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)