6 Tips Duduk yang Benar Saat Bekerja di Depan Komputer Seharian

21 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Apa keluhan Anda sebagai pekerja yang harus duduk di depan monitor 7-8 jam atau bahkan lebih? Mungkin kurang lebih sama. Mulai dari sakit punggung, sakit pinggang, sakit kepala, adalah keluhan-keluhan yang hampir setiap hari dirasakan. Bahkan, kalau Anda pegang kedua bahu Anda, terutama bahu kanan, terasa sangat tidak nyaman dan terlihat otot-otot yang sedang berdemo di sana.

Tak cukup hanya melakukan massage rutin untuk mengatasinya. Anda juga harus tahu bagaimana cara duduk yang benar, agar Anda tidak merasakan sakit terus menerus. Seperti dilansir India Times, berikut adalah cara duduk yang benar apabila Anda bekerja di depan komputer dan harus duduk lama di sana.

Tips 1.

Duduklah dengan posisi tegak, dan bersandarlah sehingga Anda tidak tegang dan kelelahan.

Tips 2.

Dorong pinggul Anda jauh ke belakang saat duduk, kalau bisa sampai menyentuh kursi.

Tips 3.

Posisi lutut haruslah lebih rendah di bawah pinggul dan pinggang.

Tips 4.

Turunkan tinggi kursi sehingga level mata dengan layar sejajar.

Tips 5.

Pastikan kaki Anda menapak pada lantai atau kaki meja.

Tips 6.

Istirahatkan pergelangan tangan pada meja, dan jangan terlalu jauh meletakkan mousepad sehingga tangan masih bisa bertumpu pada meja.

Ikuti semua gerakan di atas setiap hari selama Anda duduk lama di depan komputer. Apabila masih belum terbiasa, tempel tips ini sehingga lambat laun Anda bisa mengikuti semua langkah-langkahnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)