6 Cara Agar Anak Suka Membaca Buku

7 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Membaca memberi banyak manfaat untuk anak. Paling tidak, saat ia memasuki bangku pendidikan yang lebih tinggi, anak tak akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. Bagaimana cara yang efektif untuk melatih dan mendidik anak agar gemar membaca? Adakah tips sederhana dan gampang yang bisa kita praktekan kepada anak agar anak senang dan suka membaca buku? Karena mengajari anak agar rajin membaca bukanlah yang mudah untuk dilakukan.

Membaca adalah salah satu gerbang untuk mendapatkan informasi. Dengan informasi maka akan membuka cakrawala wawasan dan ilmu yang pada akhirnya akan mempengaruhi cara berpikir dan bertindak seseorang.Semakin banyak informasi yang didapatkan maka kesempatan untuk lebih cerdas dan pintar akan terbuka lebar.Namun kebanyakan para anak-anak tidak suka dengan kegiatan membaca.Mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk memilih kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan daripada harus berkutat dengan buku.Apalagi maraknya games membuat fenomena kegiatan membaca kurang disukai oleh anak-anak.

Oleh karena itu agar kegiatan membaca menjadi hal yang menarik dan disukai oleh anak-anak diperlukan trik dan cara tertentu.Tentunya kita sebagai orang tua harus lebih pandai dalam mendidik anak agar gemar membaca.Bagaimana cara melatih anak gemar membaca? Berikut beberapa tipsnya:
1.Mencari waktu efektif
Idealnya waktu yang efektif untuk membaca buku bisa dilakukan 10 hingga 15 menit setiap harinya.Oleh karena itu luangkan waktu dalam keluarga agar semua membaca buku.Jika tidak memungkinkan maka waktu sebelum tidur bisa digunakan untuk sejenak membaca buku bersama anak.

2.Latih anak untuk bercerita
Apabila anak sudah berinisiatif mau membaca maka cobalah beri kesempatan kepada anak untuk menceritakan apa yang sudah dibacanya.Tanyakan kepadanya hal-hal apa saja yang ia dapatkan dari buku tersebut.Salah satu tujuannya adalah sebagai bahan evaluasi apakah si anak mengerti tentang buku yang sedang ia baca.

3.Jangan memaksa kepada anak
Agar membaca menjadi menyenangkan sebaiknya hindari pemaksaan kepada anak.Pemaksaan malah akan membuat anak trauma.Adapun jika anak mau membaca, anak tidak akan merasa nyaman ketika membaca sehingga akan cepat bosan.Oleh karena terapkan strategi agar anak memiliki inisiatif sendiri membaca buku.Biasanya anak akan mengikuti kegiatan yang sedang berlangsung di sekitarnya dan yang sedang dilihatnya.

4.Awali dengan buku sederhana
Untuk melatih agar anak gemar membaca maka sebaiknya pilih buku yang memiliki cerita sederhana,lucu dan menarik.Buku yang bergambar akan lebih menarik dan beri kesempatan anak untuk memilih membaca buku yang disukainya.

5.Lakukan diskusi sederhana
Ketika sedang berdiskusi dengan anak tentang buku yang sedang dibaca maka sebaiknya hindari penggunaan kata-kata yang rumit yang susah dimengerti anak.Carilah kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari agar anak dengan mudah memahami alur isi buku.

6.Memberikan penghargaan kepada anak
Penghargaan bisa dalam bentuk pujian kkepada anak.Pujian ini akan membuat dan menambah motivasi anak untuk tetap dan rutin membaca.Karena hal yang paling susah dilakukan yaitu konsisten terhadap kegiatan yang sudah biasa dilakukan termasuk membaca buku.Makanya diperlukan motivasi terutama dari orang tua.

Agar anak rajin dan mau membaca maka harus diawali dalam lingkungan keluarga.Berilah teladan yang baik agar anak dengan mudah mengikuti kebiasaan baik. Salah satu cara yang tidak efektif mengajarkan anak membaca yaitu orang tua menyuruh anaknya membaca namun dirinya malah asyik dengan kegiatannya sendiri, entah itu hanya menonton tv saja atau malah cuma ngerumpi dengan tetangga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)