5 Tips Meningkatkan Karir Anda

11 April 2016 Artikel Pendidikan


1. Tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat anda lakukan untuk atasan anda

Anda harus menyadari bahwa pekerjaan anda adalah semuanya tentang bagaimana anda dapat membuat hidup dan pekerjaan atasan lebih mudah dan lebih baik. Hal ini mungkin tidak terlalu jelas jika anda masih muda, ambisius dan berkeinginan untuk mengejar karir, tetapi kenyataannya adalah hal yang paling penting bagi atasan anda bukanlah karir anda, apa yang anda suka atau bagaimana perasaan anda. Jika anda ingin mengembangkan karir anda, anda harus bisa melakukan dua peran, yaitu nilai-nilai apa yang anda berikan pada organisasi dan bagaimana anda membantu atasan anda melakukan hal yang sama.

2. Pandanglah mata atasan anda Kontak mata adalah bagian penting dari setiap interaksi manusia. Anda tidak perlu, atau tidak benar-benar harus menatap mata seseorang dengan terus menerus, anda hanya harus memiliki kontak mata yang cukup untuk mendapatkan kesan percaya diri dan dapat dipercaya.

3. Jadilah proaktif dan ambil inisiatif

Jangan hanya duduk-duduk dan menunggu atasan anda untuk memberitahu anda apa yang harus dilakukan. Tunjukkan potensi anda dengan mengambil inisiatif, ide-ide atau menemukan cara baru yang lebih baik dalam melakukan sesuatu.

4. Jadilah positif

Apakah anda melihat masalah atau sebaliknya anda melihat cara untuk memecahkan masalah? Menjadi positif tidak ada hubungannya dengan berpura-pura bahwa masalah tidak ada. Ini adalah tentang mengidentifikasi dan mencari solusi dalam memecahkan masalah. Ini adalah tentang menemukan peluang baru untuk berkembang. Pikiran adalah racun dan harus dijauhkan dari tempat kerja. Mari kita hadapi, bahwa tidak ada yang mau berada di sekitar orang yang terus-menerus berpikir negatif.

5. Berargumentasi terhadap pendapat anda dengan cara yang sopan

Dalam jangka panjang, atasan anda tentu saja akan mempromosikan orang pintar yang memiliki integritas, dimana ia bisa berargumen terhadap sudut pandangnya. Jika anda merasa benar pada apa yang anda lakukan dan jika anda memiliki alasan dan fakta untuk mendukung pendapat anda tersebut, anda bisa melakukan argumentasi. Intinya adalah jangan menjadi benar hanya untuk "menang" atau sekedar mengedepankan ego anda.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)