5 Tips Menangani Anak Didik yang Pelupa

28 Agustus 2017 Artikel Pendidikan


Di dalam kelas mungkin tidak semua murid memiliki kecerdasan yang sama, beberapa anak didik Anda di kelas mungkin yang memiliki sifat buruk seperti, nakal, pelupa, malas dan lain sebagainya. Namun perlu Anda ketahui bahwa dari beberapa sifat itu, sifat pelupalah yang kemungkinan membuat Anda sedikit jengkel, pasalnya, baru saja materi disampaikan, namun sang siswa malah sudah lupa dengan materi yang baru saja Anda sampaikan, hingga Anda harus mengulang materi tersebut.

Tentunya Anda harus menanggapinya dengan sabar dan terus memberikan yang terbaik bagi siswa Anda dikelas sendiri. Bukan malah Anda menjadi sosok guru yang galak bagi siswa Anda hanya karena si murid mudah lupa dengan materi yang di anjarkan.

Sifat pelupa ini biasanya dikarenakan beban di pikiran si murid biasanya melebihi kapasitas mental yang dimiliki oleh si murid, bisa dikarenakan masalah pribadi dengan temannya, keluarganya dan beberapa faktor lainnya, jadi Anda harus bisa menjadi seorang mentor yang memberikan solusi terbaik untuk bisa menghapus sifat buruk tersebut.

Nah, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai solusi untuk menangani sifat pelupa bagi anak didik di kelas.
1. Jauhkan Si Anak Dari Bentakan
Bentakan atau secara definisi adalah teguran dengan menggunakan teriakan, akan sangat mempengaruhi sikap dan mental dari si anak, karena merasa takut di marahi dengan bentakan, maka dia lebih fokus kepada rasa takutnya dan bukan malah kepada materi yang Anda sampaikan.

2. Berikan Materi Secara Detail
Siswa yang pelupa terkadang disebabkan karena, mereka hanya menerima materi yang menurut mereka mudah dan juga sesuai contoh kasus yang Anda berikan, mereka akan benar-benar meniru sesuai dengan contoh yang Anda berikan, jadi mereka akan kesulitan bila Anda memberikan materi yang singkat sedangkan tugas yang Anda berikan tidak pernah Anda jelaskan kepada mereka. Usahakan berikan penjelasan secara detail untuk murid yang memiliki sifat pelupa tersebut.

3. Buat Anak Didik Nyaman Di Kelas
Suasana yang nyaman bisa membuat anak didik Anda bisa dengan mudah menyerap dan mengingat materi yang Anda berikan, karena keadaan pikiran mereka dalam keadaan santai, sehingga anak didik Anda bisa dengan mudah menerima materi yang Anda sampaikan.

4. Ulangi Materi Di luar Kelas
Gunakan pendekatan dengan sang siswa pelupa, dengan melungkan waktu lebih untuknya, ulangi materi yang baru saja Anda sampaikan di luar kelas, berikan waktu lebih untuk sang murid agar dia bisa menerima materinya ini secara menyeluruh.

5. Buatkan Catatan Khusus untuk Anak Didik yang Pelupa
Anda bisa membuatkan catatan khusus untuk anak didik Anda yang mudah lupa, dengan isi beberapa ringkasan materi yang Anda sampaikan, gunakan penjelasan yang mudah dimengerti sehingga mereka bisa mandiri untuk lebih memahami materi tersebut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)