5 Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Baik

12 Mei 2014 Artikel Pendidikan   |    Fitrah al anshori


Adik - adik SMA yang telah selesai melaksanakan UN biasanya sedang memikirkan mau kuliah dimana nantinya saat berada di kampus. Memilih kuliah dan jurusan juga merupakan dilema yang sering kita hadapi. Jurusan yang akan kita pilih menentukan masa depan Anda kedepannya dan jangan sampai salah pilih jurusan loh. Banyak teman - teman mahasiswa yang akhirnya menyesal karena salah pilih jurusan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berikan beberapa tips dan cara memilih jurusan yang baik.

Cara memilih jurusan yang baik dan benar:
1. Sesuaikan jurusan ketika SMA


Ketika masih bersekolah di SMA biasanya Anda telah diarahkan ke penjurusan seperti SMK, atau IPA dan IPS, itu merupakan titik awal penentu jurusan Anda. Sebaiknya Anda meneruskan kembali jurusan yang Anda telah tekuni seperti jurusan IPA sebaiknya kembali mengambil jurusan yang belajar IPA seperti kedokteran, biologi, fisika, kimia. Bila jurusan Anda tidak sesuai dengan ketika SMA maka Anda akan mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran karena di kampus adalah pengembangan dari apa yang telah Anda ketahui.

2. Pilih yang terakreditasi baik

Sebaiknya Anda mencari informasi mengenai akreditasi kampus atau jurusan. Aktreditasi yang tinggi seperti nilai A layak Anda pilih karena akreditasi adalah tanda berkualitas atau tidaknya suatu jurusan. Demikian pula halnya akreditasi kampus, namun bila akreditasi kampus cukup baik biasanya jurusan di dalamnya juga memiliki akreditasi yang baik pula.

3. Kampus favorite VS kampus unggulan

Terdapat dilema dalam memilih kampus antara kampus yang unggulan atau favorite di kalangan teman - teman kita. Sebaiknya Anda memilih kampus yang unggulan dcari segi kualitas. Jangan masuk kampus jika Anda hanya ingin gengsi karena kampus unggulan yang akan mengantar Anda kepada kesuksesan, bukan karena gengsi tinggi.Lihatlah di masyarakat mana yang paling banyak diterima di lingkungan kerja, apakah alumni kampus unggulan atau alumni kampus favorite.

4. Fasilitas terbaik

Sarana dan prasarana sangat mendukung Anda dalam meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri selama di dalam kampus. BIla Anda memilih jurusan yang sarat akan praktek maka sebaiknya Anda memilih jurusan dan kampus yang memiliki fasilitas lengkap dan dapat mendukung Anda. Kurangnya sarana dan prasarana dapat membuat kita menjadi malas belajar.

5. Biaya yang tidak memberatkan

Biaya juga harus menjadi pertimbangan bagi anda dalam menentukan jurusan dan kampus. Jurusan tertentu seperti kedokteran membutuhkab biaya yang cukup tinggi, oleh karena itu ini wajib Anda pertimbangkan. Jangan sampai Anda gagal dan tidak bisa menyelesaikan kuliah hanya gara - gara biaya saja.

Itulah 5 tips memilih jurusan yang terbaik , ingat salah pilih jurusan maka arah hidupmu akan salah juga, dan bahkan jodoh kamu ditentukan dari jurusan yang kamu pilih, biasanya kita akan berjodoh dengan orang di sekitar jurusan kita hehehe .

Selamat mencoba dan semoga sukses

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog http://biologiuinmks.blogspot.com)