5 Tips Agar Guru Sukses dalam Mengajar

11 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Menurut ungkapan orang zaman dahulu, mengajar yang baik adalah ketika seolah-olah tidak kelihatan kalau ia sedang mengajar, dan ungkapan ini disebut metode andragogi. Seorang guru yang berhasil ketika terkesan ia tidak " menggurui" kepada lawan bicaranya, sehingga proses belajar - mengajar menjadi efektif dan efesien. Walau tidak terlihat menggurui, seorang guru tetap harus menjadi panutan dan teladan.

Gisele Glosser menulis bagaimana menjadi guru yang sukses dalam hal mengajar. Ada 5 tips sukses dalam mengajar dari Gisele:

Berpikir kritis dan jujur

Berpikir kritis dan usaha yang jujur lebih baik daripada jawaban yang benar. Jangan mengerutkan kening ketika siswa memberikan jawaban yang salah atau keliru. Mengerutkan kening bisa dianggap penolakan yang dapat menghambat siswa untuk berpartisipasi dalam mengekspresikan pemikirannya.

Cobalah lakukan kegiatan yang bervariasi dari waktu ke waktu.

Dalam proses pembelajaran rutinitas dan terstruktur memang hal yang baik, tapi apabila hal ini dilakukan berulang kali dapat menyebabkan Anda dan kelas Anda menjadi membosankan.

Berhenti berbicara

Jika terjadi kebisingan di kelas, Anda tidak perlu berteriak atau membentak para siswa agar berhenti gaduh. Cobalah berhenti bicara dan berdiri di depan kelas. Tatap mereka, khususnya siswa yang menjadi sumber keributan. Dengan otomatis anak tersebut akan menyadari kesalahannya dan diam..

Beri penghargaan

Berikan penghargaan atas setiap hasil dan usaha belajar mereka. Penghargaan yang Anda berikan akan memberikan motivasi kepada para siswa untuk mengerjakan sesuatu lebih baik lagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)