5 Tips Agar Badan Tetap Fit Saat Lembur

25 November 2014 Artikel Pendidikan


Terkadang suatu pekerjaan yang besar tidak dapat kita selesaikan sampai batas jam kerja kantor. Mau tidak mau, kita harus lembur atau bekerja melampaui batas jam kerja demi menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan tidak jarang mereka yang lembur menjadi kurang konsentrasi, mata merah, bahkan jatuh sakit.

Lantas, bagaimana agar bisa terus fit dan semangat saat kerja lembur? Ini dia tipsnya:

1. Tidur yang cukup sebelum lembur

Saat lembur semalaman pasti membuat kita mengantuk karena kurangnya istirahat. Cara mengatasi rasa kantuk tersebut yaitu tidur cukup sebelum lembur. Beberapa hari sebelum bekerja lembur, jaga waktu tidur Anda minimal 7 jam sehari. Kalau bisa, gunakan waktu yang kosong di siang hari untuk tidur. Tidur siang selama 20 menit dapat memulihkan energy Anda.

2. Makan makanan yang bergizi

Selain tidur yang cukup, jaga kesehatan Anda dengan makan yang teratur dan makan makanan yang bergizi. Hindari makanan yang mengandung banyak karbonhidrat karena akan membuat mudah mengantuk. Bila ingin ngemil, pilihlah camilan yang sehat. Contoh camilan yang sehat diantaranya buah - buahan, sereal, biscuit, atau biji - bijian. Jangan lupa untuk minum cukup air putih agar tidak dehidrasi.

3. Penerangan

Saat kerja lembur, pastikan bahwa Anda bekerja dengan penerangan yang terang. Sebab jika penerangannya kurang atau redup, tubuh lebih merasa mengantuk. Hindari pula penerangan dengan cahaya kekuningan karena dapat menambah rasa kantuk.

4. Olahraga ringan saat bekerja

Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menjadikan tubuh merasa lebih bugar. Tidak perlu olahraga yang rumit, cukup olahraga ringan seperti pemanasan. Misalkan seperti memutarkan kepala, memutar lengan, meregangkan punggung, ataupun push up. Lakukan olahraga tersebut 10 - 15 menit.

5. Batasi konsumsi kafein

Memang biasanya kopi sangat diandalkan untuk penangkal kantuk di saat lembur. Namun bila mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebih dapat mengakibatkan gangguan lambung. Konsumsi kopi di saat Anda bekerja lembur saja. Bahan konsumsi lain yang mengandung kafein antara lain minuman bersoda, cokelat hitam, dan minuman penambah energy.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)