5 Solusi Jitu Agar Anak Betah Belajar di Rumah

15 Maret 2016 Artikel Pendidikan


Rumah adalah tempat pertama bagi anak untuk belajar setelah sekolah dan lingkungan masyarakat. Hal ini disebabkan karena waktu anak lebih banyak di rumah bersama orang tua dibanding ditempat yang lain. Kondisi ini sangat strategis bagi Anda sebagai orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar. Jika anak hanya mau belajar di rumah ketika ada PR dari guru di sekolah, boleh jadi ini salah satu indikasi bahwa anak tidak betah belajar.

Belum tercipta suasana yang kondusif sehingga tidak memungkinkan anak mau belajar di rumah. Kondisi ini akan lebih buruk lagi bila anak juga merasa tidak betah belajar di sekolah. Maka dapat diperkirakan bahwa anak tersebut sering bolos, datang terlambat atau telat masuk kelas.

Berikut solusi yang bisa dilakukan orangtua agar anak betah belajar di rumah:
1. Ciptakan budaya belajar

Budaya belajar pada anak akan tumbuh bila anak merasakan belajar itu sebagai kebutuhannya. Dalam hal ini peran Anda sebagai orang tua sangat penting memberikan dorongan pada anak sehingga tumbuh semangat untuk belajar. Dengan banyak belajar maka banyak pula wawasan dan pengetahuan yang diperoleh, sehingga memudahkan anak dalam menjalani kehidupannya.

2. Modifikasi lingkungan belajar
Lingkungan belajar di rumah dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terwujud suasana belajar yang baik. Dalam hal ini adalah penataan ruang belajar atau kamar tidur anak menjadi lebih bersih, rapi dan nyaman. Dengan memodif lingkungan belajar anak diharapkan anak mempunyai semangat untuk belajar.

3. Ciptakan suasana belajar kondusif
Anak akan betah belajar di rumah tidak hanya karena lingkungan yang tertata rapi dan menyenangkan. Suasana psikologis sangat berperan dalam mendukung anak betah belajar. Ketika anak belajar, usahakan untuk tidak menimbulkan suara atau bunyi yang mengganggu konsentrasi belajar anak. Misalnya tidak menyalakan TV, radio, tidak bersenda gurau ketika anak sedang belajar.

4. Sediakan fasilitas belajar
Penyediaan fasilitas dan perlengkapan akan memudahkan anak untuk belajar dengan baik. Ketika anak butuh buku sumber belajar, anak tidak perlu lagi menghentikan kegiatan belajarnya untuk mencari atau meminjam buku ke rumah temannya. Begitu pula perlengkapan menulis seperti pensil, pena, penghapus dan mistar.

5. Perhatian orang tua
Mungkin Anda sebagai orang tua tidak perlu terus-menerus mendampingi anak belajar di ruang belajarnya. Namun perhatian orang tua disaat anak lagi belajar dapat menjadi nilai tambah dalam membangkitkan semangat anak untuk betah belajar di rumah.

Jadi, peran orang tua sangat penting dalam membangkitkan semangat anak untuk belajar. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua, berikan solusi yang terbaik untuk anak agar betah belajar di rumah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)