5 Poin dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif

2 September 2015 Artikel Pendidikan


Pembelajaran di sekolah akan efektif jika seluruh siswa dalam proses belajarnya merasa senang. Tentu saja agar siswa merasa senang, sekolah perlu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan pula. Jika tidak demikian, tidak heran bila siswa melakukan perilaku yang menyimpang sebagai respons buruk terhadap pembelajaran tersebut.

Maka dari itu, seorang guru perlu melakukan yang namanya analisis. Analisis dilakukan terhadap proses pembelajaran maupun hasil belajar yang diperoleh siswa. Apa saja yang perlu dianalisa dari proses pembelajaran? Berikut poin - poinnya:

1. Sikap mengajar

Sikap mengajar sangat berpengaruh terhadap suasana pembelajaran di ruang kelas. Jika sikap mengajar baik, hal ini dapat menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian siswa. Guru haruslah menunjukkan sikap yang demokratis dan simpati.

2. Penguasaan materi pembelajaran

Seorang guru perlu menguasai materi yang akan diajarkan dengan baik. Hal ini agar siswa diberikan kepastian akan kebenaran materi tersebut sehingga proses pembelajaran tidak tersendat - sendat.

3. Penggunaan strategi dan metode mengajar

Butuh strategi untuk menentukan dan memilih metode mengajar yang sesuai dengan kondisi terkini di ruang kelas. Materi yang dipilih sesuai dengan daya tangkap siswa, relevans dengan materi dan didukung oleh sarana belajar yang tersedia.

4. Penggunaan media belajar

Media belajar merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Paling tidak guru bisa menggunakan papan tulis untuk menjelaskan materi pelajaran.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags