5 Manfaat Bermain Catur bagi Anak

27 Juni 2015 Artikel Pendidikan


Permainan catur biasanya digemari oleh bapak - bapak yang sedang jaga ronda.Tapi ternyata, permainan papan hitam putih ini juga menjadi alat pembelajaran bagi anak. Bahkan banyak sekali manfaat yang didapat dengan bermain catur untuk anak.

Catur dikenal sebagai permainan olah otak, yang mampu melatih kemampuan otak. Maka dari itu, permainan ini cocok untuk anak yang masa perkembangannya lebih cepat. Apa saja manfaat bermain catur ?

Menambah keterampilan hidup

Dengan catur, anak Anda akan mengembangkan analitis, sitetis dan keterampilan untuk mengambil keputusan, yang dapat ia gunakan di kehidupan nyata.

Memperkuat daya konsentrasi

Menciptakan strategi dan taktik dalam permainan catur bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan konsentrasi yang sangat mendalam. Hal ini bagus untuk melatih daya konsentrasi anak, fokus untuk menciptakan jalan keluar dan menyelesaikan pekerjaan adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap orang di dunia kerjanya.

Disiplin

Kedisiplinan tidak hanya diajarkan dari lingkungan saja, permainan catur pun juga bisa. Catur mengajarkan anak untuk mengantisipasi dan merencanakan masa depan dan jika mereka merencanakannya dengan baik, mereka akan menerima imbalan dalam catur. Jika mereka tidak merencanakan dengan baik, maka mereka akan merasakan konsekuensi dan dihukum.

Melatih kesabaran

Bermain catur butuh berpikir yang mendalam. Berpikir dengan sangat dalam itupun membutuhkan waktu yang sangat lama. Inilah yang membuat pemain tersebut terlatih kesabarannya. Sekalinya kita tidak sabar, justru akan membuat kita mengambil keputusan langkah yang salah.

Mencegah Alzheimer

Pakar di bidang ilmu pembedahan yaitu Lord Darzi, mengatakan bahwa setiap orang memiliki resiko terkena penyakit otak tua atau Alzheimer. Menurunnya kemampuan otak seperti daya ingat melemah, mudah kikuk merupakan gejala penyakit ini. Dengan permainan catur, penyakit ini bisa dicegah sedari awal.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)