5 Hal untuk Anda yang Ingin Menjadi Lebih Dewasa

7 Desember 2019 Artikel Pendidikan


Seseorang dikatakan dewasa belum tentu dilihat dari usianya. Memang terkadang seseorang dikatakan dewasa dilihat dari usianya. Sebenarnya hal yang membuat seseorang terlihat dewasa adalah cara bersikap pada orang lain.

Apakah Anda merasa sudah bersikap dewasa, namun orang - orang di sekitar Anda masih menganggap tingkah laku dan perilaku Anda seperti anak - anak? Kita berusaha menjadi lebih dewasa namun dimata orang lain masih seperti anak kecil adalah hal yang membuat rasa percaya diri turun. Tapi hal tersebut tidak menjadi hambatan bila Anda melakukannya dengan semangat tinggi.

Berikut ini hal yang dapat diperhatikan agar Anda dapat berpikir dan berperilaku dewasa:

1. Dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk

Seseorang yang dewasa harus bisa membedakan hal yang baik dan yang buruk agar kita dapat bertindak dengan pasti.

2. Jangan egois

Seseorang yang dewasa selalu ingin dinilai oleh orang lain untuk kemajuan dirinya. Kritik baginya merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat baginya seperti batu kerikil yang bila dikumpulkan dapat untuk membangun rumah.

3. Dapat memprioritaskan suatu hal

Orang dewasa dapat memprioritaskan mana yang harus dimulai terlebuh dahulu dan mana yang terakhir. Tidak semua hal dapat dikerjakan secara bersamaan. Orang dewasa juga dapat mengetahui kapan harus bersikap serius dan waktu untuk bermain - main.

4. Adil pada setiap orang

Orang yang dewasa tidak membeda - bedakan dengan apa yang seharusnya ia dapat. Ia tidak pilih kasih pada orang lain. Walaupun orang tersebuat adalah orang terdekatnya, bila melakukan kesalahan, orang yang dewasa tetap menegaskan bahwa sikapnya salah, bukan membenarkannya.

5. Hargai orang lain

Seseorang yang dewasa selalu mernghargai orang lain, seperti membuat orang lain tersenyum, tertawa, dan bahagia dengan memberinya pujian yang tulus. Membahagiakan orang lain juga dapat membahagiakan kita juga. Janganlah bersikap sombong.

Sebenarnya susah atau tidaknya menjadi pribadi yang dewasa tergantung pada diri kita sendiri. Apakah kita tetap menjadi yang sekarang atau mau berusaha menjadi dewasa.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)