5 Fakta Menarik dari Warna

28 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Dunia kita sangat berwarna-warni dan beragam. Setiap hari kita selalu melihat warna dan tanpa disadari mata kita sudah terbiasa akan pemandangan yang berwarna dari lingkungan. Semua benda memiliki warna, bahkan benda terkecil di dunia.

Dibalik beragamnya warna, ada fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja fakta tersebut?

1. Chromophobia

Chromophobia atau Chromatophobia adalah fobia langka berupa rasa takut berlebihan terhadap warna tertentu.

2. Warna mempengaruhi kondisi psikis

Fakta unik selanjutnay adalah warna dapat mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Contohnya, warna merah muda dipercaya bisa menenangkan pikiran seseorang, dan warna biru yang dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

3. Mitos warna hijau

Fakta unik lainnya adalah mitos dari warna hijau di dunia fashion. Apabila menjahit dengan benang hijau di malam sebelum fashion show dapat membawa sial untuk rumah desain tersebut.

4. Wanita lebih peka terhadap warna merah

Wanita melihat merah dengan berbagai jenis, seperti merah hati, merah darah, dan merah jingga. Sedang kebanyakan pria hanya mengetahui satu warna, yaitu merah. Hal ini disebabkan oleh kromosom X ganda yang dimiliki oleh wanita sehingga mereka lebih peka terhadap warna merah.

5. Sinestesia

Sinestesia adalah suatu kondisi ketika sensari -sensasi dari sebuah modalitas perseptual (misalnya pengelihatan) dialami juga dalam modalitas yang lain (seperti pendengaran). Mereka yang mengidap sinestesia bisa melihat warna dari mengecap bentuk, meraba bunyi, dan melihat angka atau huruf.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)