5 Cara Mendidikan Anak Agar Hidup Mandiri

9 Juni 2016 Artikel Pendidikan   |    Mukti Effendi


Anugerah terbesar seorang wanita adalah memiliki anak kemudian ia akan dipanggil dengan sebutan "IBU". Wanita mana yang tidak mau memiliki keturunan. Setelah sang anak lahir, tanggung jawab selanjutnya adalah membesarkan ia sampai dewasa. Namun mendidik anak bukanlah perkara mudah. Sebagai orang tua, Anda harus tahu bagaimana cara mendidik anak agar dapat hidup mandiri sejak kecil. Banyak anak sekarang yang tumbuh dalam kemapanan, gelimang harta kemudian ia tidak bisa hidup mandiri ketika dewasa. Disinilah perang orang tua sangat dibutuhkan. Mereka adalah ujung tombak perkembangan anak. Cara Anda mendidik akan membuahkan karakter kuat dalam diri anak Anda.

Tentunya Anda tahu, di zaman yang canggih dan maju sekarang ini, lingkungan bermain anak sangat memberi andil kepada tumbuh kembangnya. Jika keluarga tidak bisa menjadi tameng pengaruh-pengaruh negatif yang bersarang maka karakter anak yang mandiri, kuat, berani dan baik tidak bisa terbentuk.

Adapun kiat atau cara mendidik anak agar mandiri sejak dini, sebagai berikut.

  1. Berilah pemahaman yang baik terhadap anak tentang kemandirian. Sebatas pemahaman terlebih dahulu, bisa melalui cerita nyata atau dongeng anak-anak.
  2. Biasakan anak untuk mulai merapikan tempat tidur sampai ia siap berangkat sekolah. Kebiasaan ini memang terbilang kecil namun berangkat dari hal kecil inilah, disiplin anak akan terbentuk. Kemandiriannya akan terasah sejak dini.
  3. Berilah contoh kepada anak bagaimana menjadi mandiri sejak kecil. Sebagai orang tua Anda harus mulai membiasakan anak untuk membantu pekerjaan rumah biarpun itu kecil. Misalnya menyapu rumah atau halaman. Jika anak sudah terbiasa melakukan pekerjaan ringan sejak kecil maka ia akan menjadi pribadi mandiri ketika dewasa.
  4. Biasakan anak melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sendiri, misal ia harus sadar PR yang harus ia kerjakan. Anda sebagai orang tua harus senantiasa mengawasi dan tidak henti-hentinya mengingatkan anak.
  5. Jangan pernah memanjakan anak berlebihan. Rasa kasih sayang berlebihan justru bisa menjadi racun dalam diri anak. Bantu mereka sesuai batasan, cukup beri rambu-rambu tapi biarkan mereka berpikir melakukan tugasnya sendiri.


Nah itulah beberapa kiat mendidik anak agar bisa hidup mandiri. Semoga bermanfaat.

(Penulis adalah pemilik www.bacatips.com
Tulisan lainnya bisa dilihat disini)