5 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Otak

25 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Memiliki otak yang mudah mengingat berbagai hal merupakan impian semua orang. Ini dikarenakan, dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda sehari-hari yang membutuhkan daya ingat otak dalam berbagai aktivitas. Anda tentu tidak mengharapkan memiliki otak yang sering lupa dalam mengingat berbagai hal dalam kehidupan Anda.

Bukan hanya orang tua atau orang lanjut usia saja yang bermasalah dengan daya ingat otak atau konsentrasi. Terkadang remaja atau orang yang masih muda pun bisa jadi pelupa, misalnya lupa di mana tempat memarkir mobil, sampai-sampai lupa dengan janji berpergian dengan pacar yang ujung-ujungnya jadi berantem. Kalau sudah begini, urusan bisa jadi kacau. Namun, jangan khawatir , ternyata ada cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat otak .

Berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat otak:
1. Memfokuskan pikiran

Dewasa ini segala hal aktifitas harus dilakukan dengan serba cepat. Ketika kita sangat perlu untuk mengingat sesuatu, maka fokuskanlah pikiran kita paling tidak selama delapan detik saja. Meski hanya dalam hitungan detik, hal ini akan terasa lama jika dilakukan ketika berusaha mengingat banyak hal. Studi telah menunjukkan bahwa detik adalah jumlah minimal waktu dibutuhkan untuk sepotong informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang kita.

2. Mengepalkan tangan
Jika kita bermasalah dengan mengingat sesuatu saat bekerja, ambil stres ball. Dengan mengepalkan tangan dan melakukannya dengan benar, maka secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat informasi. Studi menunjukkan jika kita tidak kidal, kita seharusnya mengepalkan tangan kanan kita sebelum mencoba menghafal sepotong informasi. Kemudian ketika kita perlu mengingatnya kembali, maka kepalkan tangan kiri kita. Proses ini dibalik untuk yang kidal. Pastikan untuk mempertahankan posisi tersebut untuk sementara waktu. Penelitian yang menemukan hal ini memiliki para peserta yang meremas dengan baik selama 45 detik sebelum dilepaskan.

3. Olahraga
Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa olahraga adalah penyembuh untuk berbagai masalah dan begitu pula dengan masalah ingatan. Tindakan fisik berguna meningkatkan kewaspadaan, suplai oksigen ke otak dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori. Satu penelitian menemukan bahwa setelah kita melakukan olahraga ringan, wanita mampu mengingat berbagai hal lebih baik dibandingkan sebelum melakukan olahraga. Sementara itu, jogging cepat bisa membantu kita lebih efektif dalam jangka panjang.

4. Tidur
Saat masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin kebanyakan orang melakukan sistem kebut semalam sebelum menghadapi ujian di keesokan harinya. Meskipun kita menjejalkan pikiran dengan berbagai materi hingga detik terakhir, lebih bermanfaat jika pada malam harinya kita tidur dengan nyenyak daripada belajar hingga fajar. Studi menemukan tidur sebenarnya membantu kita mengingat informasi lebih baik keesokan harinya. Tidur adalah ketika mengkonsolidasikan informasi tersebut ke dalam memori jangka panjang. Dan hal ini tidak bisa dilakukan jika kita masih melek.

5. Buatlah catatan dengan tulisan tangan
Buatlah catatan dalam buku catatan dan jangan di telepon genggam atau komputer kita. Karena jika kita kehilangan hal tersebut maka kita akan menyadari bahwa tidak ada hal yang kita ingat. Tidak masalah jika kita tidak kembali membaca apa yang sudah ditulis. Studi telah menunjukkan bahwa dengan menulis sesuatu dengan tulisan tangan akan lebih memungkinkan kita mengingat sesuatu dibandingkan dengan menggunakan keyboard.

Cara meningkatkan daya ingat cepat dan mudah memang menjadi permasalahan setiap orang, namun banyak yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal ini. Perlu diketahui fungsi otak manusia harus dilatih sedemikian rupa agar dapat membantu daya ingat. Hal ini dikarenakan kapasitas otak dan daya ingat tiap manusia tentu berbeda. Latihan yang rutin akan dapat membantu meningkatkan daya ingat otak anak atau pun manusia secara umum.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)