5 Cara Cerdas Menghadapi Tetangga yang Usil dan Menyebalkan

18 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Tetangga adalah sosok yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang, tetangga kita lebih tahu keadaan kita dibanding kerabat kita yang tinggal berjauhan. Saat kita sakit dan ditimpa musibah, tetangga lah yang pertama membantu kita. Tak heran, jika setiap agama begitu menekankan kepada kita untuk berbuat baik kepada terangga. Tapi bagaimana jika Anda mempunyai tetangga yang usil dan menyebalkan?

Simak tips berikut ini untuk mengatasi tetangga yang usil:

1. Tetangga tukang pamer

Kasus: Menyentak nyentak suara gas motor dan membunyikan klakson kendaraan yang membuat bising setiap pagi.

Tips: jangan terpancing emosi dengan ikut memamerkan apa yang Anda miliki, hal itu akan percuma. Lebih baik kita turut senang dengan barang baru tetangga Anda.

2. Tetangga kaleng rombeng

Kasus: tidur siang merupakan kesenangan Anda khususnya di waktu libur. Namun bagaimana jika dikacaukan dengan suara tetangga yang tertawa dengan keras sambil menyanyi lagu dangdut kesayangannya.

Tips: sebaiknya Anda memasang earphone untuk meredam kebisingan. Supaya tetangga tidak marah akibat perilakunya yang mengganggu Anda.

3. Tetangga Suka Ngegosip

Kasus: Misalnya Anda diantar pulang oleh teman kampus larut malam, esok paginya kamu sudah menjadi headline news se kampung yang menggosipi Anda yang tidak baik.

Tips: berikan penjelasan bahwa Anda tidak seperti yang mereka bayangkan. Ambil sisi positifnya kalau mereka itu mempedulikan Anda.

4. Tetangga menyindir dengan halus

Kasus: eh ibu ini baru keliatan nih, mau kemana? Mau diantar gak?

Padahal tujuan Anda hanyalah ke warung dekat rumah. Tetangga yang seperti itu bisa bikin Anda jengkel karena menyindir Anda yang jarang keluar rumah keliling kampung.

Tips: berikan senyuman, dengan begitu ia akan senang dengan sindirannya. Hal itu lebih baik ketimbang membalasnya dengan perkataan.

5. Tetangga meminta makanan/minuman yang kita bawa dari warung

Kasus: boleh nih baksonya, enak banget sih kalo di bagi.. sambil tertawa. Padahal Anda hanya membawa satu bungkus bakso dan lagi keadaan lapar.

Tips: anggap saja ia sedang basa basi, dan mengalihkan pembicaraan seraya masuk ke dalam rumah. Karena tetangga yang seperti ini celamitan dan apabila dikasih sesuatu akan menjadi kebiasaan.

Sekarang Anda tahu kan bagaimana menghadapi tetangga yang reseh dan menjengkelkan? Jangan lupa ya untuk tetap saling berbagi dan bergotong royong antar tetangga agar tercipta kerukunan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)