5 Alasan Penting Mengapa Harus Bahagia

3 April 2016 Artikel Pendidikan


Kebahagiaan adalah sesuatu hal yang sangat penting yang diharapkan oleh semua orang. Kebahagiaan bisa memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi pasti kita semua setuju bahwa kebahagiaan berarti bekerja untuk mengakhiri pertikaian, kemiskinan dan keadaan malang lainnya. Kebahagiaan adalah perasaan universal yang berhak kita nikmati, karena kebahagiaan adalah pilihan.

Berikut ini alasan mengapa bahagia itu penting:
1. Bahagia itu menyehatkan

Hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah keringkan tulang, ungkapan ini menunjukkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu bahagia. Psikolog Erwin Prasetya mengatakan, "Bahwa dalam menyembuhkan sesuatu penyakit sesungguhnya obat-obatan kimia tidak terlalu berpengaruh signifikan jika yang bersangkutan tidak memiliki semangat untuk sembuh, dan semangat yang dimaksud hanya bisa datang melalui hati yang bahagia.

2. Bahagia membuat hidup jadi lebih mudah dijalani
Bayangkan sebuah kehidupan di mana kita tidak memiliki hutang, mempunyai keluarga bahagia, usaha yang lancar, anak-anak sehat, dan sebagainya. Itu semua pastinya akan membuat kita sangat bahagia, sehingga kita akan merasa bahwa kehidupan ini sebetulnya sangat mudah dijalani.

3. Bahagia membuat umur panjang
Bila dibandingkan dengan negara-negara lain, jumlah lansia di Jepang sangatlah banyak. Menurut sebuah sensus di Jepang jumlah lansia mencapai 25% atau sekitar 31 juta jiwa dari total penduduk yang berjumlah 126 juta. Khususnya para lansia di pedesaan, umumnya mereka memiliki banyak teman dan komunitas, lingkungan sosial semacam ini membuat mereka sangat bahagia sehingga terhindar dari stres.

4. Bahagia membuat hidup lebih menarik
Hidup menjadi menarik atau sebaliknya tergantung bagaimana cara kita menjalaninya. Ketika kita selalu menanamkan ke dalam pikiran bahwa hidup ini tidak menarik, maka akan terjadi seperti apa yang kita pikirkan. Begitu juga sebaliknya, ketika kita menganggap bahwa kehidupan ini sangat menarik, maka kita akan semakin bersemangat dan bisa selalu merasakan kebahagiaan setiap saat.

5. Bahagia menciptakan kehidupan sosial yang aman
Setiap individu yang bahagia memiliki pengaruh sangat besar dalam menciptakan sebuah kehidupan sosial yang rukun dan harmonis. Betapa tidak, tidak pernah sekalipun sebuah kasus kejahatan terjadi disebabkan oleh orang-orang yang dalam kehidupan pribadinya selalu merasakan kebahagiaan.

Menjadi bahagia itu adalah sebuah pilihan. Namun, ketika Anda menyerahkan diri ditawan dalam ketidakbahagiaan, maka Anda tidak akan pernah mampu melihat segala sesuatu secara positif. Maka dari itu, sulit tidaknya kehidupan Anda saat ini berusahalah untuk selalu bahagia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)