4 Tips Menyenangkan dalam Mengajarkan Anak Membaca

22 Mei 2016 Artikel Pendidikan


Mengajar anak membaca merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Ini karena ketika anak sudah memasuki sekolah maka dirinya harus memiliki kemampuan untuk membaca serta menulis. Sebagai orang tua sebaiknya Anda jangan mengandalkan pelajaran yang ada sekolah anak saja, melainkan juga turut membantu anak di rumah agar lebih bisa membaca dan menulis. Mengajari anak dalam hal membaca bukanlah sebuah hal yang mudah, diperlukan tips dan cara agar belajar terasa lebih menyenangkan. Apalagi di usianya tersebut anak-anak cenderung suka bermain.

Berikut ini 4 tips mengajarkan anak membaca yang menyenangkan:
1. Membaca sambil bernyanyi

Tips pertama mengajari anak membaca adalah menggunakan metode membaca sambil bernyanyi. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa diajarkan orang tua untuk anak-anak. Orang tua cukup mengajari anak membaca mulai dari huruf alphabet A sampai dengan Z dengan cara dinyanyikan. Dengan metode ini anak akan lebih senang dan mengurangi resiko bosan.

2. Menggunakan metode media elektronik
Di internet banyak sekali video tentang cara belajar untuk anak mulai dari angka sampai dengan alphabet. Selain itu biasanya belajar membaca disertai dengan permainan dengan gambar yang dapat menarik perhatian dan minat anak. Melalui metode ini, anak akan lebih senang.

3. Menggunakan metode sambil bercerita
Cara ini lebih menggunakan bantuan buku cerita yang mengharuskan orang tua mengajarkan membaca dengan cara bercerita. Biasanya cerita yang lebih cocok untuk anak-anak adalah kisah tentang kehidupan kancil. Dengan begitu anak akan lebih senang untuk membaca sekaligus belajar untuk membaca.

4. Memahami mood anak
Mood anak juga turut mendukung dalam proses belajar berlangsung. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu memaksakan kehendak untuk belajar ketika mood sang anak Anda sedang kurang bagus. Sebaiknya ketika mood anak kurang bagus, alihkan terlebih dahulu agar anak memiliki mood yang menyenangkan.

Itulah tips mengajarkan anak membaca agar lebih menyenangkan yang dapat Anda ketahui.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)