4 Tips Menghadapi Anak yang Memiliki Kepribadian Tertutup

1 April 2016 Artikel Pendidikan


Semua orang tua pasti mengetahui bahwa mendidik anak untuk bertanggung jawab bukan perkara yang mudah. Namun sikap tanggung jawab ini harus diajarkan para orang tua kepada anak sejak dini. Mendidik anak untuk memiliki sikap tanggung jawab bisa dimulai dari hal-hal kecil, contohnya dengan mangajarkan anak untuk merapihkan mainan atau tempat tidurnya sendiri. Hal-hal sepele seperti ini merupakan dasar dalam membentuk pribadi anak yang bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya.

Berikut tips untuk mendidik anak tentang tanggung jawab:
1. Jelaskan artinya pada anak

Jelaskan pada anak tentang arti tanggung jawab yang sesungguhnya. Tanggung jawab adalah merupakan sikap siap menerima akibat dari perbuatan yang telah dilakukan. Selain itu, tanggung jawab juga merupakan sikap konsekuen atas kepercayaan yang telah diberikan orang lain sehingga kita harus melakukannya dengan baik.

2. Berikan kesempatan
Berikan kesempatan pada anak untuk membuat pilihan dan mengambil keputusan sendiri. Cara ini dilakukan untuk mendidik anak supaya bertanggung jawab dengan akibat dari pilihan yang diambilnya. Namun dalam hal ini Anda harus tetap memantau anak sehingga bisa memberikan kontrol jika anak putus asa dengan hasil yang di dapatkan.

3. Berikan latihan sederhana pada anak
Berikan latihan sederhana pada anak untuk mengajarkan sikap tanggung jawab. Biarkan anak untuk belajar mengerjakan sendiri setiap kegiatannya, seperti mandi dan berpakaian sendiri. Selain itu biarkan anak untuk mengerjakan tugas sekolah sendiri, namun selalu dalam perhatian Anda sehingga ketika kesulitan berikan bantuan seperlunya.

4. Jadilah sebagai contoh yang baik
Orangtua hendaknya menjadi panutan atau contoh yang baik bagi anak. Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak lebih mudah meniru perbuatan dari perkataan Anda. Oleh karena itu, sebagai orang tua berikanlah contoh yang baik yang mencerminkan sikap dan tanggung jawab.

Sikap tanggung jawab bukan merupakan faktor keturunan yang kita bawa sejak lahir, namun sikap tanggung jawab ini adalah salah satu sikap yang harus diajarkan dan dilatih. Oleh karena itu, jangan pernah bosan dan putus asa untuk mengajarkan sikap tersebut pada anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)