4 Tips Agar Anak Rajin Makan Sayur

19 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Sebagian besar anak sulit makan sayur, ini adalah problem yang ada dalam keluarga sejak puluhan tahun lalu. Anak-anak cenderung lebih suka menikmati makanan enak siap saji atau camilan ketimbang makan sayur. Padahal sayur adalah salah satu makanan yang dapat memberi nutrisi penting anak di masa pertumbuhan.

Ada banyak produk atau suplemen anak yang menawarkan manfaat sayur, namun pemberian sayur alami lebih disarankan. Agar anak-anak akrab dengan sayur, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Jika anak suka makan sayur dan mendapatkan nutrisi alami dari sayur, maka lakukan hal-hal ini.

1. Batasi Pemberian Makanan Cepat Saji

Lidah memiliki sensor pengingat rasa yang tajam. Salah satu penyebab anak tidak mau makan sayur adalah rekaman di lidah bahwa makanan cepat saji misal sosis, nugget atau makanan beku lain lebih enak ketimbang sayur yang memiliki kecenderungan rasa agak pahit. Maka batasi pemberian makanan cepat saji, camilan gurih dan manis dan kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan beku pada anak.

2. Beri Gambaran Manfaat Sayur

Anda bisa memberi pengetahuan pada anak tentang manfaat sayur. Media yang bisa dipakai adalah gambar warna-warni tentang manfaat sayur bagi tubuh. Anda bisa menggambar sendiri atau memanfaatkan aplikasi untuk anak tentang manfaat makanan bagi tubuh mereka. Gunakan bahasa yang mudah agar anak mengerti.

3. Biarkan Anak Memilih Menu

Supaya anak lebih bersemangat, biarkan dia memilih menu sayur untuk makanan hariannya. Biarkan anak membuat daftar ingin makan sayur apa. Pastikan Anda cukup tegas untuk membuat anak memakan sayur yang sudah dia pilih sendiri.

4. Beri Pujian dan Sabar

Jika anak sudah rajin makan sayur, berikan pujian untuk anak. Ingat, orang tua yang baik tidak hanya mengingatkan saat anak salah, tetapi juga memberi pujian tulis ketika anak mendapat prestasi. Mau makan sayur adalah prestasi, maka jangan ragu memberi anak pujian, bahwa Anda bangga dengan kebiasaan baiknya untuk makan sayur.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)