4 Hal Kecil Ini Dapat Membuat Anda Merasa Bahagia

22 November 2014 Artikel Pendidikan


Banyak sekali hal - hal sederhana yang membuat kita lebih bahagia. Namun, entah mengapa kebanyakan orang sering membuat target - target besar untuk bahagia, seperti memiliki harta yang berlimpah, ataupun jalan - jalan ke luar negeri. Memang hal - hal tersebut dapat membuat orang bahagia, namun bahagia yang sebenarnya berasal dari dalam diri sendiri.

Menurut Rhonda Byrne, dalam bukunya yang berjudul "The Secret", suatu proses yang disertai dengan kebahagiaan akan membuat pekerjaan menjadi hal yang dapat dinikmati, sehingga menimbulkan semangat untuk kerja dan tidak merasa lelah. Semua aktivitas menjadi terasa menyenangkan. Dengan begitu, target - target besar dapat tercapai dengan mudah bukan?

Bagaimana caranya untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut? Cukup simple. Berikut ini ada beberapa hal sederhana yang dapat membuat kita bahagia setiap hari:

Selalu bersyukur

Banyak hal yang dapat kita syukuri setiap hari. Kebanyakan orang sering mengeluhkan hal - hal buruk yang kecil. Misalkan, saat mengeluh macet saat membawa mobil. Seharusnya mereka bersyukur karena sudah memiliki mobil pribadi yang nyaman, sedangkan orang lain harus berdesak - desakan di angkutan umum. Maka dari itu, dengan bersyukur, kita akan lebih merasa beruntung dan bahagia.

Mencintai diri sendiri

Dengan menerima semua kekurangan, menyadari kesalahan yang pernah diperbuat, dan bangga dengan penampilan sendiri, maka Anda akan lebih menerima diri Anda sepenuhnya tanpa banyak mengeluh. Bila Anda mencintai diri sendiri, saat itulah Anda akan merasa bahagia, apapun yang orang lain katakan tentang Anda.

Sebelum tidur, ingatlah hal - hal baik yang sudah dilakukan

Mengingat hal - hal baik merupakan sebuah ‘mental reward’ bagi pikiran Anda. Sepanjang hari pasti Anda melalui berbagai banyak hal, hal yang baik maupun yang buruk. Jangan selalu mengingat dan menyesali hal buruk yang terjadi. Sebab hal - hal buruk tersebut akan terus terngiang di alam bawah sadar saat tertidur. Sebaiknya ingat hal - hal baik sudah Anda alami. Ingatlah hal baik yang pernah Anda lakukan untuk orang lain, atau diri sendiri.

Rencanakan dan luangkan waktu untuk bersenang - senang

Di tengah - tengah kesibukan kegiatan Anda, luangkanlah waktu untuk menghilangkan penat pada diri Anda. Misalkan, bila Anda hobi menggambar, luangkan sedikit waktu untuk menggambar agar Anda tidak jenuh saat bekerja. Bisa juga membuat rencana atau planning untuk liburan bersama, nonton bareng, atau makan bersama keluarga maupun teman.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)