4 Cara Usir Rasa Bosan pada Si Kecil dalam Perjalanan Liburan

13 Juni 2015 Artikel Pendidikan


Menjelang akhir pekan, pastinya para orang tua telah mempersiapkan rencana untuk menghabiskan weekend bersama keluarga. Pergi rekreasi ke pantai, ke kebun binatang ataupun sekedar menghirup udara sejuk pegunungan.

Bagi Anda yang memiliki balita yang diajak dalam perjalanan rekreasi Anda, jarak yang jauh, macet dan tujuan yang banyak pastinya membuat bosan si kecil selama di perjalanan. Alhasil, tangisan dan ocehan si kecil justru membuat liburan tidak lagi menyenangkan.

Jadi, bagi orang tua, hal ini harus disikapi dengan cermat agar si kecil tidak rewel dan menikmati perjalanan serta menjadikan liburan yang menyenangkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut bagaimana cara mengatasi rasa bosan si kecil dalam perjalanan.

Bawa Mainan Favorit Si Kecil

Mainan favorit adalah senjata ampuh untuk mengalihkan perhatian si kecil dalam perjalanan yang membosankan. Pastikan sebelum berangkat, siapkan barang-barang kesukaan si kecil termasuk mainan favoritnya. Akan tetapi, Anda harus melakukan sedikit trik seperti tidak memberikan sekaligus mainan favoritnya, agar jika ia dilanda bosan maka bisa Anda suguhkan mainan yang lain sehingga si kecil tidak akan bosan.

Menyanyi Bersama

Kegiatan menyanyi dapat juga Anda lakukan bersama si kecil dengan memanfaatkan audio player yang ada di kendaraan Anda. Ajak ia bernyanyi lagu kesukaannya sehingga rasa jenuh pun dapat teratasi.

Menikmati Pemandangan Sekitar

Hal ini merupakan kegiatan yang mengasyikan yang dapat mengusir rasa bosan. Jika Anda melakukan perjalanan yang melintasi daerah yang dikelilingi pemandangan alam nan indah seperti hamparan sawah nan hijau, sungai, laut dan gunung dari kejauhan. Anda juga bisa ajak ia memperhatikan kendaraan yang melintas sekaligus memberitahu ia berbagai jenis transportasi darat.

Menjadi Tour Guide untuk Si Kecil

Dalam hal ini, Anda juga sekaligus dapat memberikan pengetahuan bagi si kecil. Beritahu hal-hal simpel seperti di sawah terdapat binatang apa saja. Jangan terlalu rumit karena si kecil akan sukar untuk menanggapinya. Dengan begitu selain dapat mengusir kejenuhan, si kecil juga akan mendapatkan pengetahuan baru dalam perjalanan liburan yang menyenangkan.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)