4 Cara Membuat Anak Pintar Sejak Dini Paling Mudah

17 Desember 2015 Artikel Pendidikan   |    Nurul Inayah


Siapa orang tua yang tidak ingin memiliki anak yang pintar? Pastilah semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Tetapi untuk menjadi pintar, orang tua membutuhkan usaha karena pintar tidak bisa didapat dengan cara instan. Nah, jika Anda adalah orang tua yang ingin memiliki anak yang cerdas sejak kecil, inilah beberapa hal yang mesti Anda lakukan agar si buah hati bisa tumbuh dengan cerdas dan pintar. Informasi selengkapnya tentang cara membuat anak pintar berikut ini.

1. Memberikan asi

Asi adalah makanan wajib yang diberikan sejak bayi lahir sampai 2 tahun. Jika Anda adalah orang tua yang menginginkan buah hatinya tumbuh dengan cerdas dan pintar, salah satu cara membuat anak pintar adalah menyusui sang buah hati sampai usia 2 tahun. Menurut penelitian para ahli, asi bisa membuat anak cerdas karena zat yang terkandung pada asi bisa merangsang kecerdasan otak. Makanya, jika Anda adalah ibu yang baik, mestinya Anda akan menyusui anak sampai batas waktu menyusui selesai, bukan malah menggantinya dengan susu sapi.

2. Mengajak si kecil berbicara

Yang namanya bayi mungil tentunya mereka belum bisa berbicara layaknya orang dewasa. Tetapi, jika Anda menginginkannya tumbuh menjadi anak yang pintar, salah satu cara membuat buah hati menjadi pintar adalah dengan rajin mengajaknya bicara. Ya, mungkin memang sang bayi tidak bisa merespon dengan kata-kata ketika Anda sedang mengajaknya bicara, tetapi sesungguhnya ia bisa merekam dengan baik kata-kata yang Anda ucapkan. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan dokter dari jerman yang mengatakan bahwa mengajak bayi berbicara bisa membuat bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas karena pembicaraan yang sering bisa merangsang otak bayi.

3. Membacakan cerita

Pastilah Anda sering menemukan beberapa orang tua yang sangat suka membacakan cerita untuk anaknya.Tujuan mereka membacakan cerita sebenarnya agar si kecil merasa senang.Tetapi, apakah Anda tahu bahwa membacakan cerita untuk anak, terutama buku cerita bergambar bisa merangsang otak anak. Semakin Anda sering membacakan cerita untuk anak, maka perkembangan otak anak menjadi sangat bagus. Kata-kata yang digunakan saat bercerita dan juga ekspresi yang ditimbulkan saat membacakan cerita, akan membuat anak bisa dengan mudah mendapatkan pembendaharaan kata dalam otaknya sehingga memungkinkan anak untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas.

4. Mendengarkan lagu

Pernahkah Anda mendengar bahwa biasakan mendengarkan musik terutama musik klasik ketika anak masih dalam kandungan karena lagu atau musik klasik bisa membuat anak tumbuh dengan cerdas. Ternyata, mitos ini ada benarnya karena jika Anda ingin memiliki anak yang pintar sejak kecil, Anda bisa membiasakannya mendengarkan lagu yang memiliki nada dan irama yang unik. Musik dan lagu tersebut bisa merangsang otak dengan cepat. Makanya, mulai sekarang, kenalkan anak dengan beberapa musik dan lagu. Meskipun masih sederhana, tetapi hal tersebut adalah salah satu cara membuat anak tumbuh menjadi anak yang pintar.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi para pembaca!

(Penulis adalah mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana Unhas)
http://www.klikcara.com