4 Alasan Mengapa Kita Harus Terus Belajar

14 April 2016 Artikel Pendidikan


Salah satu hal terbaik dalam hidup kita adalah ketika kita tidak pernah berhenti untuk belajar. Akan selalu ada hal-hal baru yang dapat kita pelajari dan kita pahami. Ketika Anda melihat orang-orang sukses, mereka memahami mengenai hal tersebut. Warren Buffed menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca. Pengusaha terbaik di dunia tidak bertingkah seakan dia mengetahui segalanya. Mereka semua mengerti bahwa faktanya bahwa mereka harus belajar secara berkelanjutan untuk menjadi sukses.

Agar kita mencapai potensi maksimal kita, kita harus terus menerus mengembangkan diri kita. Jika Anda tidak secara aktif mempelajari hal-hal baru, ada 4 alasan yang mungkin dapat memotivasi Anda untuk mengembangkan diri.

1. Kebahagiaan

Belajar itu melelahkan dan bahkan membuat Anda frustasi. Ya memang benar ketika kita membicarakan mengenai olahraga atau memacu otak kita sampai batasnya untuk memecahkan masalah. Tetapi walaupun hal tersebut sulit, tidak ada yang lebih baik dibanding saat anda meraih sebuah prestasi.

Bahkan beberapa riset menunjukan semakin ambisius tujuan yang ingin kita capai, akan timbul rasa bahagia. Dan ketika kita menentukan tujuan kita, kebahagiaan kita tidak bergantung pada orang lain.

2. Anda akan tak tergantikan dalam tim

Orang yang dapat beradaptasilah yang akan jadi pemenang. Hal ini berdasarkan tulisan mengenai pilot pesawat tempur di Angkatan Udara Amerika.

3. Anda akan tetap rendah hati

Ketika kita belajar terus menerus, semakin sedikit kemungkinan kita menjadi arogan. Orang yang rendah hati tidak akan menunjukan bahwa dirinya pintar, tetapi mereka membuat orang lain terlihat pintar.

4. Anda akan menjadi guru yang hebat

Mengajarkan orang apa yang sudah Anda pelajari merupakan kebanggaan sendiri. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada orang yang Anda ajari tetapi mereka juga akan mengajarkan yang lain.

Jika Anda menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi, Anda perlu memberi tahu mereka sedikit cara memimpin Anda. Caranya yaitu dengan memulai mengajari mereka apa yang telah Anda pelajari.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)