3 Cara Sopan dan Efektif untuk Menolak

26 April 2019 Artikel Pendidikan


Dalam banyak kejadian, kita dihadapkan pada situasi yang sulit untuk berterus terang menolak sesuatu. Kita juga ingin menolak sesuatu tanpa menimbulkan suasana tak nyaman. Jika tidak ditolak, kitalah yang akan merasakan rugi.

Lebih baik jujur dan berterus terang kepada orang yang meminta pada kita. Anda perlu percaya diri dan gunakan kata - kata yang baik untuk menolaknya. Berikut cara sopan dan efektif untuk menolak:

Gunakan alasan yang tepat

Sebelum Anda menolak, cari tahu apa alasan tepat Anda ingin menolak. Jika yang Anda ingin lebih banyak waktu bersama keluarga, artinya Anda harus menolak saran dari rekan kerja untuk lembur mengerjakan proyek lain di kantor. Kalau yang Anda harapkan adalah tidur lebih lama, Anda harus berani menolak ajakan dugem hingga larut malam. Semakin kuat alasannya, semakin mudah untuk menolak dan orang lain menerimanya.

Katakan lain kali

Anda tidak perlu merenspon permintaan langsung di tempat. Anda bisa mengatakan bila Anda butuh waktu untuk berpikir. Jika sang pemohon menekan Anda, Anda bisa bereaksi secara emosional terhadap permintaan yang diajukan.

Berikan bantuan alternatif

Jika Anda ingin menolak suatu permintaan namun Anda tidak ingin menyakiti hatinya, Anda bisa menyarankan bantuan lain. Untuk penyampaiannya, pertama Anda katakana alasan mengapa Anda menolak permintaannya. Setelah itu baru katakan penolakan Anda., lalu tegaskan kembali niat baik Anda dengan menawarkan bantuan lain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)