3 Cara Sederhana Membangun Kepribadian Agar Karir Lebih Maju

20 April 2016 Artikel Pendidikan


Karir merupakan salah satu sisi hidup yang berat bagi setiap pekerja, namun setiap pekerja tentu ingin mendapatkan kemajuan dalam karirnya. Itulah fakta yang terjadi dalam dunia kerja, namun sayangnya sampai sekarang masih banyak pekerja yang tidak mampu mengatasinya. Mereka ingin mempunyai karir yang sukses, dan untuk meraih itu pasti menjalani berbagai masalah atau rintangan. Sayangnya kesadaran mereka tidak mampu mendorong kepribadian mereka untuk terus berusaha, parahnya juga mereka malah pasrah dan tidak berani mengubah keadaan. Padahal, kepribadian dan kemajuan karir merupakan dua faktor penunjang yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Lantas bagaimana cara membangun kepribadian agar karir lebih maju?

Berikut ini 3 cara sederhana yang bisa membantu Anda:
1. Pahami dulu kepribadian Anda
Orang-orang sukses menyebut jika salah satu kendala yang kerap dilakukan para pekerja adalah kurangnya perhatian pada kepribadian dirinya. Mereka tidak mampu menyadari kepribadian atau karakternya tapi mereka cenderung mencari celah pada kepribadian orang lain. Sikap seperti inilah yang mampu menggagalkan karir. Nah, maka dari itu cara pertama yang wajib dilakukan adalah memperhatikan pribadi Anda. Pahami semua aspek dalam diri Anda, mulai dari kelebihan dan kekurangan Anda.

2. Tonjolkan sikap positif
Orang umumnya memiliki dua sisi dalam kepribadian yaitu sisi positif dan sisi negatif. Untuk kemajuan karir maka sebaiknya Anda lebih menonjolkan sisi positif Anda, berpikir positif dan terus menjaga sikap yang positif itu jauh lebih berguna untuk karir yang lebih maju.

3. Kendalikan sisi negatif Anda
Sebenarnya Anda tidak harus menghilangkan sisi negatif dalam kepribadian Anda. Karena sisi negatif ini juga dapat memiliki manfaat yang baik untuk kemajuan karir. Hal yang harus dilakukan adalah mengendalikannya, bukan berarti menghilangkannya dari dalam kepribadian. Salah satu kunci paling ampuh untuk perkembangan karir Anda adalah memadukan antara sisi positif dan sisi negatif dalam diri Anda.

Itulah hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepribadian untuk karir yang lebih maju. Semoga membantu dan bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)